Pulau di Sulawesi Selatan

Melihat Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Elok Sekali!

Pulau di Sulawesi Selatan ya  dengan kota Makassar sebagai ibukotanya ini kaya tujuan rekreasi dan keberagaman suku warga, dimulai dari suku Bugis sampai suku Toraja.

Propinsi yang berada di persilangan lajur transportasi internasional ini mempunyai 295 pulau yang 190 salah satunya telah mempunyai nama. Beberapa pulau di Sulawesi Selatan ini mempunyai keelokan alam yang tidak kalah eksotik dengan palau-pulau populer yang lain di Indonesia.

Salah satunya tawarkan pemandangan alam bawah laut dengan terumbu karang beragam warna yang memesona. Untuk kamu yang hoby diving atau snorkling harus hukumnya mengeksplor keelokan bawah laut Sulawesi Selatan.

Ingin tahu dengan daya tarik beberapa pulau yang menyebar di Sulawesi Selatan? Yok baca penjelasannya berikut !

1. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke sebagai salah satunya pulau tidak memiliki penghuni di Sulawesi Selatan yang terletak memanjang dari timur laut sampai barat daya. Karena tempatnya yang jarang-jarang tersentuh manusia, jadikan keasrian pulau ini tetap terlindungi.

Bentangan pasir putih yang lembut dipadankan sama air laut warna biru jernih jadikan Pulau Kodingareng Keke tidak kalah elok dengan pulau Gili di Lombok. Karena airnya yang terlalu jernih, di sini kamu dapat menyaksikan panorama underwater yang memikat dari permukaan lautnya lho.

Pulau yang memiliki jarak 14 km dari Pantai Losari ini pas untuk kamu yang hoby olahraga air seperti diving atau snorkeling. Karena kedalaman lautnya cuman sekitar 2-3 mtr. saat pagi hari, pulau ini aman untuk kamu yang pemula atau kamu yang cuman ingin berenang.

Tidak boleh cemas untuk permasalahan tempat beristirahat. Pasalnya di pulau tidak memiliki penghuni ini sedang dibuat beberapa gazebo yang dapat menjadi tempat beristirahat sesudah berenang.

2. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang adalah dari beberapa ratus pulau kecil di barisan spermonde atau rangkaian kepulauan selat Makassar. Pulau yang berada di Kabupaten Pangkep ini menyuguhkan keelokan alam yang memikat baik dari segi pantai sampai bawah lautnya.

Pasir putih yang membentang di sejauh pantai sama air laut warna biru jernih dipadankan dengan pohon-pohonan hijau sebuah harmonisasi yang prima.

Untuk keelokan bawah lautnya, Pulau Kapoposang tidak disangsikan kembali. Karena keadaan topography Pulau Kapoposang yang benar-benar memberikan dukungan untuk rekreasi bawah laut jadikan Pulau ini sebagai salah satunya spot diving terbaik di Sulawesi Selatan.

Tidak seperti Pulau Kodingareng Keke, Pulau yang memiliki jarak sekitaran 68 km dari kota Makassar ini mempunyai sarana yang lumayan komplet. Pasalnya pemerintahan di tempat telah membuat bungalow dengan biaya benar-benar dapat dijangkau . Maka untuk kamu yang ingin nikmati keelokan pulau ini sepanjang sekian hari tak perlu cemas.

Pulau Kapoposang memang surga untuk penyelam professional. Tetapi untuk kamu yang tidak eksper dalam soal menyelam, kamu dapat coba pengalaman memancing disekitaran pulau ini.

Dan harus dipahami, Pulau Kapoposang ini sebagai salah satunya lokasi memancing terbaik di Indonesia.

baca : 5 Argumen Pulau Phu Quoc Mesti Masuk ke Daftar Tempat Berliburmu

 

3. Pulau Langkai

Kamu kembali berlibur ke Makassar? Harus hukumnya singgah ke Kecamatan Ujung Tanah untuk nikmati hidden paradisenya kota Makassar yakni Pulau Langkai.

Pulau dengan luas lebih dari 27 hektar ini ditempati oleh warga yang dari beragam suku, seperti Bugis, Mandar, dan Makassar. Di sini kamu dapat melihat lebih dekat bagaimana kegiatan warga sekitaran yang umumnya bermatapencaharian sebagai nelayan dan perajin perahu. Kamu dapat belajar bagaimana langkah membuat kapal sampai langkah menjaganya.

Pulau Langkai menyuguhkan pemandangan alam yang benar-benar memesona. Pulau yang ada di 5,5 km selatan Lanjukang ini dikitari terumbu karang selebar 142 hektar dengan keadaan yang baik dan bagus sekali. Jadi tidak bingung bila beberapa pelancong yang tiba manfaatkan tempat ini untuk snorkeling. Di sini tidak cuman terumbu karangnya yang pantas dibanggakan.

Pulau Langkai mempunyai kekayaan laut yang lain yang demikian berlimpah. Di sini kamu dapat menemui beragam jenis spesies ikan seperti, ikan terbang, kerapu, suni, cepa, lamuru, tinumbu, ikan cakalang, udang mutiara, ikan kaneke, ikan kerapu, napoleon, dan hiu.

4. Pulau Samalona

Samalona, ialah nama sebuah pulau di selat Makassar yang mempunyai keelokan alam yang sangat benar-benar mengagumkan. Pulau selebar 2 hektar ini sanggup menganakemaskan siapa yang melawat ke sana.

Karena pulau ini tidak begitu luas, kamu dapat mengeksplor keelokan pulau ini setiap sudutnya. Di sini kamu dapat menemui sebuah mercusuar berdiri kuat yang dipakai sebagai pertanda batasan dataran untuk beberapa kapal besar.

Kembali lagi sebagai kebanggaan pulau di Sulawesi Selatan ini ialah panorama bawah lautnya. Di sini kamu dapat menerawang kehadiran terumbu karang dan ikan-ikan elok yang beragam warna dari permukaan airnya tak perlu menyelam. Meski begitu, untuk kamu yang telah mengusai menyelam pasti tidak senang bila belum menelusuri alam bawah lautnya langsung.

Untuk dapat sampai di pulau Samalona ini kamu cukup sewa perahu dari pelabuhan Kayu Bangkoa atau pelabuhan depan Benteng Fort Rotterdam yang cuman akan memerlukan waktu sekitaran 30 menit.

baca juga : Pulau Pari 3 hari 2 malam

5. Pulau Barrang Lompo

Masih di Kecamatan Ujung Tanah. Tidak cuma Pulau Langkai, kecamatan ini mempunyai pulau yang tidak kalah cantik yakni Pulau Barrang Lompo. Pulau dalam jumlah warga lebih dari 3.000 jiwa ini mempunyai tingkat kesejahteraan yang tinggi dibanding beberapa pulau yang lain. Mata pencarian warga Pulau Barrang Lompo juga bermacam, dimulai dari nelayan, pelayar, sampai perajin perak tradisionil.

Pulau Barrang Lompo terhitung dalam sisi spermonde, ini diidentikkan dengan bentangan terumbu karang selebar 71.72 hektar dengan type karang pinggir atau fringing reef.

Selainnya menyelam untuk mengeksplor keelokan terumbu karangnya, di sini kamu dapat menemui oseanorium warisan Jepang lho. Tidak cukup sampai disana, pulau ini mempunyai 2 biji pelabuhan (semi tetap dan tradisionil) dan marine field kampus Hasanuddin, kece kan ?

Bila untung, kamu bisa juga menemui upacara tradisionil warga sekitaran seperti upacara lahir bathin, upacara songkabala, dan upacara pa’rappo.

Wah, sudah tidak sabar kan untuk mengeksplor surganya Sulawesi Selatan ?