Mencari Investor Untuk Kemajuan Pendirian Bisnis UMKM

Dengan menempati rangking ke-4 sebagai negara dengan penduduk paling padat di Dunia, Indonesia tentu saja kerap dihantamkan dengan beberapa masalah dari beragam faktor. BPS dalam harian Tempo, bahkan juga menjelaskan dengan menyaksikan prediksi bertambahnya warga tiap tahunnya, jumlah warga Indonesia diprediksikan akan capai 319 juta jiwa di tahun 2045. Masalah ekonomi menjadi satu diantara momok yang hendak terus membuntuti antara angkatan kerja yang akan tinggi, sementara lapangan kerja di Indonesia masih kurang. Berdasar data BPS, survey angkatan kerja di Indonesia tahun 2019 sekitar 139,18 juta, naik 2,24 juta dibanding tahun 2018. Pikirkan seberapa banyak angkatan kerja pada tahun 2045 itu?

Ini membuat tiap orang sebaiknya berani mengganti pola pikir masing-masing, dari ingin bekerja di perusahaan orang, jadi ingin bekerja di perusahaan sendiri. Survey American Kilat dalam harian liputan 6.com, menjelaskan cuma 16% orang yang mengawali menjalankan bisnis saat lulus. Prosentase yang kecil ini menguasai dikarenakan oleh ada stigma berkenaan modal. Seorang banyak berpikiran jika usaha harus diawali bermodal. Bahkan juga sedikit berpikiran usaha bisa digerakkan bermodal yang besar. Apa usaha bisa digerakkan bermodal kurang atau tanpa modal? Perihal ini pula yang hendak kita ulas di sini, dan trick memperoleh modal itu.

Sudah pernahkah anda dengar istilah dropshipper? Sebuah usaha tanpa modal awalnya, jual sebuah barang dari produsen saat ada keinginan. Sebetulnya banyak wujud usaha yang lain tidak membutuhkan modal, tapi bagaimana dengan mode usaha restaurant atau warung dan toko, tidakkah perlu mempunyai modal awalnya? Perihal ini pula yang kerap jadi kendala calon pebisnis atau bahkan juga pebisnis yang hendak meningkatkan diri. UMKM condong lama naik kelas karena pengembangan usaha membutuhkan modal yang tidak kecil.

 

Keutamaan Cari Investor

Di periode wabah tahun 2020 ini, terpukulnya ekonomi, berpengaruh besar ke beberapa aktor dunia usaha, satu diantaranya UMKM. Kontribusi diberi dari pemerintahan untuk mengatasi imbas, satu diantaranya dengan kemudahan pendanaan Credit Usaha Rakyat (KUR). Teman dekat UMKM bisa pahami KUR dengan membaca artikel Credit Usaha Rakyat. UMKM yang memperoleh modal dari Credit Usaha Rakyat (KUR) tentu saja dituntut untuk kembalikan uang dengan bunga rendah.

Namun, bagaimana bila sesudah memperoleh Credit Usaha Rakyat (KUR) usaha tidak jalan seperti gagasan? Perihal ini pula sebagai risiko jika teman dekat UMKM memutuskan dengan modal usaha dari credit bank.

Cari partner atau investor jadi alternatif lain untuk UMKM modal dengkul jalankan upayanya. Diambil dari Forexindonesia.org, Investor ialah tiap orang atau substansi lain (seperti perusahaan atau reksadana) yang memberikan modal dengan keinginan terima pengembalian keuangan. Investor bisa menolong pelaku bisnis tutupi kekurangan modal, investasi dapat lewat benda fisik yang menolong kelangsungan usaha, kadang-kadang bahkan juga semua modal kita akan investor bantu, dan tidak tutup peluang investasi berbentuk akses dan training. Kita akan ulas satu-satu wujud investasi yang umum diberi, tetapi sebelumnya tentulah teman dekat UKM menanyakan dalam hati, bagaimana jika usaha alami rugi apa harus tetap dibalikkan seperti credit bank?

Investasi sebagai wujud kerja sama dengan kesepakatan berdasarkan hukum. Pelaku bisnis yang ingin memperoleh investasi, lakukan pendekatan ke investornya. Beberapa hal yang perlu disiapkan saat berjumpa investor lebih detil akan diulas seterusnya, tapi tentunya tiap pelaku bisnis harus mempersiapkan proposal usaha saat akan berjumpa oleh investor. Kesepakatan pembagian keuntungan akan disebut pada awal pada proposal itu. Bagaimana bila UMKM tidak bisa membagikan keuntungannya sama sesuai kesepakatan karena tidak untung?

Berlainan dengan credit bank, tiap investor atau partner akan diposisikan sama dengan kita. Investor diberi pemilikan usaha yang dipisah berdasar berapakah pemberian modal pada awal kesepakatan. Ini membuat tiap keuntungan dan rugi akan dijamin Bersama oleh pemilik dan investor. Apa dengan keadaan usaha anda sekarang ini siap berjumpa investor?

Saat sebelum kita putuskan memakai investor untuk sumber modal, ada banyak hal yang penting kita saksikan. Apa kita memang memerlukan investor itu?

 

Beragam Opsi Wujud Investasi

Umumnya aktor usaha memakai investor sebagai modal tambahan untuk lakukan pemercepatan pengembangan usaha. Misalkan teman dekat UMKM sekarang ini mempunyai toko pakaian yang ramai. Di tengah-tengah usaha yang sukses ini, nampaklah keinginan barang dari kota yang lain besar sekali, bahkan juga customer anda dari wilayah lain ini selalu bertanya kapan toko anda ada di kota mereka. Pemilik toko pakaian yang sukses, anda menyaksikan kesempatan besar. Kemauan peningkatan usaha ini rupanya memerlukan modal yang tidak kecil. Apa anda sebagai pebisnis menyaksikan permasalahan ini?

Bila memang ini menjadi keputusan anda, tetapkan juga wujud investasi yang anda mencari, investasi kerja sama, cari angel investor, lewat bursa saham UMKM atau lewat peer to peer lending basis, mungkin berwujud utang lunak.

 

Investasi lewat Kerja sama (Franchise)

Investasi kerja sama ini kerap disebutkan dengan istilah franchise dan Waralaba. Diambil dari wartabisnis.co.id, kerja sama usaha ialah kontrak antara beberapa partner perusahaan di mana persyaratan dan ketetapan kerja sama dipastikan dengan jelas terhitung rasio untuk hasil, kewajiban, asset, investasi, dan lain-lain. Bisa disaksikan dalam artian itu seorang pelaku bisnis yang ingin membuat investasi kerja sama, sebaiknya pikirkan pola kerja sama yang hendak dijajakan. Perihal ini pula yang perlu untuk membikin investor anda, baik pribadi atau perusahaan lain, ingin yakin jadi partner anda.

Penting diingat saat anda ingin membuat franchise, membuat mekanisme SOP yang terang dan membuat pelatihan pegawai hingga kualitas produk anda bisa sampai juga di lokasi yang baru nanti. Mekanisme dibikin terang dimulai dari keuangan, stock barang, bahkan juga penataan promo. Beberapa komponen ini bukan hanya akan memberikan keyakinan calon investor yang hendak buka franchise, tapi untuk jamin kesepakatan keuntungan seperti yang diharap. Simak juga artikelnya berkenaan Usaha Waralaba/Franchise.

 

Investasi dari Angel Investor

Susah untuk usaha baru untuk memperoleh modal dari pihak lain, tapi hal ini bukanlah tidak mungkin. Penghitungan yang jeli pada usaha di depan, ide usaha yang bisa diterima, dan profile pemilik usaha yang bervisi pada usahanya, bukan tidak dapat memberikan keyakinan investor untuk ingin memberikan modalnya. Penaruh modal dalam bisnis-bisnis baru berikut yang kerap disebutkan dengan istilah angel investor. Diambil dari situs online Berita Ekonomi, dana yang diberi angel investor sebagai investasi 1x yang mempunyai tujuan untuk menolong usaha keluar tahapan awalan yang susah atau memberi suntikan terus-menerus untuk memberikan dukungan perusahaan itu . Maka anda masih takut mengawali usaha?

Pemberian investasi modal dalam artian usaha, bukan hanya terdiam pada pemberian uang. Pemberian modal investasi dapat berwujud, beberapa alat produksi, tempat, atau akses mentoring. Perihal ini pula yang kerap tidak disaksikan oleh pebisnis UMKM, kesempatan peningkatan usaha yang bukan hanya terdiam pada uang, tapi juga hal pendukung usaha tersebut. Misalkan pada kasus toko pakaian barusan, coba cari investor yang hendak memberi dengan nilai tinggi sekali. Sebetulnya bisa jadi pemilik toko pakaian itu tawarkan kerja sama investasi dengan pemilik ruangan yang hendak anda sewa. Dapat terjadi juga pada ibu-ibu UMKM yang mengawali produksi makanan frozen dari rumah, kewalahan saat keinginan tinggi karena tidak ada alat produksi pendukung. Bisa jadi ibu pebisnis itu tawarkan kerja sama ke pribadi atau perusahaan yang mempunyai alat produksi.

 

Investasi lewat Penerbitan Saham

Tidak gampang memperoleh permodalan atau mendapati “angel investor” untuk usaha mereka. Tidak seluruhnya UMKM mempunyai akses ke pemilik modal, bahan banyak usaha kecil sepeti beberapa warung kelontong, rumah makan, atau industri rumahan yang tidak bisa mencapainya. Untuk perihal ini pula bursa untuk UMKM datang, sebagai jembatan tatap muka di antara pemilik usaha dan pemilik modal. Diambil dari Merdeka.com, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan sekarang ini telah ada 72 Usaha micro kecil menengah (UMKM) dan koperasi yang telah melantai di pasar saham. Masing-masing 70 UMKM dan 2 koperasi.

Ini jadi dua mata uang untuk UMKM, di satu segi ini menjadi udara segar untuk aktor UMKM untuk dapat menolong permasalahan pendanaan, tetapi di lain sisi syarat UMKM agar bisa mendaftar saham di lantai bursa tidak gampang, khususnya untuk pebisnis micro. Menyaksikan ini Menteri Koperasi dan UKM menggamit OJK untuk cari jalan keluar pendanaan usaha micro. Diambil dari Kontan.co.id, basis equity crowdfunding datang sebagai bursa untuk UMKM, dan selama ini basis salah satu yang sudah mendapat ijin dari Kewenangan Jasa Keuangan ialah Santara. Dalam basis ini UMKM bisa menyimpan proposal usaha mereka yang dijajakan bebas dan jual pemilikan saham di usahanya optimal 49%. Simak juga artikel Crowdfunding untuk pahami lebih berbentuk investasi ini.

 

Alternative Investasi lewat Basis Financial technology (Financial Technology)

Syarat-syarat utang terhitung KUR sebaiknya mempunyai agunan, tetapi bagaimana bila teman dekat UKM tidak mempunyai hal itu?

Alternative Financial technology ialah sebuah inovasi servis keuangan dipadankan dengan tehnologi, dimulai dari pengajuan utang, klarifikasi data peminjam, dan pembayaran cicilan. Semua jadi lebih gampang dengan sebuah program online. Pemberian utang dari financial technology lebih gampang dibanding utang bank karena tidak memerlukan jaminan, dan proses yang cepat.

Diambil dari Koinworks.com, peer to peer lending (P2P) adalah mekanisme Financial technology yang menghadapkan faksi peminjam dengan faksi investor. Deskripsi biasanya, P2P Lending ini sebagai marketplace untuk aktivitas pinjam-meminjam uang. UMKM banyak pilih ini untuk proses pengajuannya yang lebih gampang. Pemilik usaha bisa ajukan utang yang disokong oleh pemakai mekanisme P2P yang lain. Oleh karena itu mekanisme ini disebutkan “peer-to-peer”. Simak juga artikel Peer to Peer Lending untuk ketahui selanjutnya.

 

Panduan untuk Memperoleh Investor

Bisa kita simpulkan dari beragam investasi ini, membuat keyakinan investor sangat penting. Franchise yang sudah mempunyai mekanisme yang terang baik pada jalankan proses usaha atau mekanisme terang dalam keuangan, memberi keyakinan ke investor yang hendak menyimpan modal pada franchise anda. Hal apa yang penting disiapkan untuk memperoleh keyakinan investor?

 

Gagasan Usaha dan Misi Usaha

Tidak gampang memang seorang pebisnis memperoleh gagasan usaha, bahkan juga kurang gagasan usaha yang kita gagas sama dengan gagasan seseorang. Apa gagasan usaha kita sudah ada awalnya dan apakah bedanya dengan gagasan kita? Ini sebagai pertanyaan besar seorang pelaku bisnis saat sebelum lakukan validasi pada gagasan usahanya pada pasar. Saat kita mengetahui apa yang hendak kita bikin dan kita percaya, ini perlu dites pada pasar arah. Apa barang kita diperlukan dan dicari?

Diambil dari Karinov.co.id, misi ialah sebuah mimpi besar sebagai jiwa dari lahirnya usaha Anda. Perihal ini pula sebagai bimbingan jalannya perusahaan, bahkan juga dasar kerja dari setiap perusahaan. Gagasan usaha yang benar pasar, kekhasan atau pembanding dari usaha yang sudah ada (unique selling point), dan misi perusahaan, menjadi tambahan nilai di mata investor. Semuanya orang bisa jadi sama jual ayam, tetapi apa yang membuat produk anda berlainan?

Tentukan standard untuk produk anda jadi penting sebagai pendukung unique selling poin produk anda. Standard pemrosesan atau pembikinan, standard penyuguhan, standard servis, dan beberapa hal yang lain diperlukan. Mengatur standard dan mekanisme operasional menolong teman dekat UKM agar bisa menaikan kemampuan produksi, dan tingkatkan keyakinan calon investor. Pikirkan bila Teman dekat UKM ialah seorang pemilik modal. Ada dua usaha catering yang memerlukan modal. Catering A telah mempunyai standard servis, standard penyuguhan dan pemrosesan, bahkan juga telah bersertifikat. Hal itu tentu saja membuat anda cenderung lebih yakin pada catering A.

Saat seorang pemilik usaha sudah pikirkan misi sebagai dasar bekerjanya, pembenahan dalam usaha akan ikuti. Misi yang besar membuat pebisnis tentukan sasaran usaha, dari sasaran usaha itu terpikirkan langkah meraihnya, disini taktik pemasaran dan promo selanjutnya berperanan.

 

Laporan Keuangan

Neraca keuangan ini kadang jadi lebih susah untuk UMKM micro. Ada banyak pebisnis lakukan pendataan keuangan yang tidak rapi atau bahkan juga belum menulis. Ini tentu saja harus disiapkan saat ingin berjumpa dengan investor. Lewat neraca keuangan ini juga, investor bisa menyaksikan kondisi keuangan perusahaan yang hendak ia beri investasi. Sekarang ini sebetulnya sudah ada beragam program pendataan keuangan yang bisa dipakai. Diambil dari Paper.id, ada pembukuan yang bisa dipakai oleh rekan-rekan, diantaranya Quickbooks, Freshbooks, Wave Apps, Kashoo, dan Paper.id sendiri.

 

Badan Hukum

Hal paling penting yang lain saat putuskan memerlukan investor ialah usaha itu sebaiknya mempunyai tubuh hukum. Diterangkan pada awal, ketidaksamaan di antara utang dan investor. Saat seorang melakukan investasi, risiko yang ditemui perusahaan entahlah itu pailit atau untung, semua berimplikasi ke beberapa investor. Pemilik usaha memiliki prospek keuntungan yang hendak diperlihatkan lewat prediksi keuangan perusahaan hingga calon investor siap memberi modal. Pembagian keuntungan yang hendak dikasih ke calon investor, didasari atas jumlah pemberian modal. Ini memungkinkannya sebuah perusahaan mempunyai investor atau penyumbang modal dari lebih seseorang. Kesepakatan pembagian berikut yang perlu tercatat berdasarkan hukum. Ini membuat tiap perusahaan yang hendak diinvestasi harus sudah memiliki badan hukum. Buat pengurusan badan usaha anda dengan jasa pendirian pt murah dan lengkap Izinin. Atau anda juga bisa menggunakan layanan jasa pembuatan pt dari Vorent Office Indonesia.