Menyusun dan Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik

Anda yang baru akan memulai pencarian pekerjaan pasti memerlukan semisal CV lamaran kerja yang baik dan benar. Pasalnya, CV lamaran kerja yang baik dan benar akan dapat menarik perhatian divisi HRD, agar Anda akan diundang untuk diwawancarai dan menekuni alur tes untuk jadi pegawai di perusahaan yang Anda minati.

Cara Menyusun CV Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar

Berdasarkan buku Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Kerja & Curriculum Vitae, Paramitha Selviana Oktora, (2007:56-57), selanjutnya cara menyusun desain CV menarik lamaran kerja yang baik dan benar:

Masukkan Komponen Penting bersama dengan Benar

Komponen mutlak ini termasuk nama lengkap, lokasi tempat tinggal, alamat email, dan nomer ponsel yang dapat dihubungi. Jika Anda inginkan melamar untuk posisi staf tempat sosial, maka Anda termasuk mesti untuk memasukkan tempat sosial yang paling aktif Anda gunakan.

Selain itu, Anda tentu saja mesti memasukkan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan pengalaman organisasi bersama dengan singkat, padat, dan jelas.

Untuk riwayat pendidikan, lumayan masukkan 1 sampai 2 jenjang, jika S1 dan SMA/SMK serta th. dan jurusan.
Untuk pengalaman kerja, lumayan masukkan pengalaman yang relevan bersama dengan posisi yang Anda lamar, namun pastikan tidak ada celah yang benar-benar jauh di antara 1 pekerjaan dan pekerjaan lainnya. Di bagian ini, tuliskan nama perusahaan, durasi bekerja, posisi terakhir, dan rincian pekerjaan bersama dengan singkat manfaatkan bullet.

Nah, tidak seluruh orang punyai pengalaman organisasi, namun terkecuali Anda mempunyainya, maka jangan ragu untuk memasukkannya. Tuliskan nama organisasi, tempat organisasi (kampus atau sekolah atau lainnya), jabatan terakhir, durasi menjabat, dan rincian kegaitan bersama dengan singkat manfaatkan bullet.

Jangan lupa termasuk untuk memasukkan kapabilitas yang menunjang lamaran Anda dan prestasi yang pernah Anda dapatkan, karena itu akan menarik minat divisi HRD untuk mewawancarai Anda.

Pas foto sesungguhnya tidak mesti ada, namun terkecuali Anda melamar untuk posisi frontliner, maka masukkan tepat foto yang membuktikan wajah Anda setidaknya 80% bersama dengan cerah dan jelas.

Gunakan Desain yang Menarik dan Elegan

Di didalam bermacam hal, kesan pertama adalah hal yang penting, begitu pula di didalam melamar pekerjaan. Maka berasal dari itu, manfaatkan desain yang menarik, namun elegan. Pastikan Anda manfaatkan warna yang tidak benar-benar drastis dan sesuai bersama dengan tulisan Anda. Passtikan pula tulisan Anda mudah untuk dibaca, jadi hindari memilih font latin. Jika Anda susah untuk memilih seluruh itu, maka manfaatkan saja templates gratis berasal dari bermacam platform, menjadi berasal dari Microsoft Word, Google Docs, sampai Canva.

Konversikan ke PDF

Agar lebih rapi dan terkesan profesional, maka konversikan CV Anda ke didalam format PDF. Selain lebih rapi dan profesional, di zaman ini sudah banyak perusahaan yang manfaatkan software yang dapat laksanakan screening otomatis terhadap CV di didalam format PDF. Nah, terkecuali Anda manfaatkan format lain, maka mungkin saja CV Anda tidak terbaca atau mungkin terbaca, namun tidak cukup akurat dan jadi mengurangi kesempatan Anda untuk diwawancarai.