Panduan Baca Water Meter Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Setiap perumahan dan bangunan yang memanfaatkan saluran air PDAM sebagai sumber airnya tentu mempunyai water mtr. atau meteran air. Water meter 2 inch digunakan untuk jelas berapa banyak jumlah air yang telah digunakan sekaligus menentukan biaya yang mesti dibayar.

Oleh gara-gara itu, perlu bagi Anda untuk jelas langkah membaca meteran air dengan tepat. Semakin berkembangnya teknologi, langkah membaca water mtr. bisa dilakukan dengan bermacam cara, baik secara manual maupun memanfaatkan alat bantuan. Cara membacanya pun tergantung berasal dari style water mtr. yang digunakan. Berikut petunjuk membaca water mtr. berdasarkan style yang digunakan.

 

Water Meter Mekanik

Water mtr. mekanik merupakan style yang paling banyak digunakan untuk mengukur volume air, baik dalam skala kecil maupun besar. Di dalam alat ini terkandung penggerak aliran air yang dihubungkan dengan angka register meter. Cara membacanya pun cukup sederhana.

 

Pertama-tama, membuka tutup water meter. Kemudian menyimak sederet angka yang terdapat terhadap permukaan water meter yang ditunjukkan didalam satuan kubik. Pada badan display tersebut terdapat beberapa bagian pengukuran yang mempunyai faedah berbeda. Berikut penjelasannya:

 

Odometer

Bagian ini berfungsi untuk membuktikan jumlah air yang sudah terpakai, terasa dari kala meteran tersebut dipasang pertama kali. Anda tidak mesti khawatir karena angka terhadap odometer ini tidak terulang tiap tiap bulan dan tidak menjadi tagihan bulanan. Untuk membaca jumlah volume air yang Anda gunakan, menyimak indeks meteran yang terdiri dari warna hitam dan warna merah. Warna merah digunakan untuk pengujian meteran air yang ditunjukkan didalam satuan liter. Sedangkan warna hitam digunakan sebagai basic penghitungan tagihan dan ditunjukkan bersama dengan satuan m3, agar jika Anda ingin tahu jumlah tagihan air tiap tiap bulannya, menyimak angka yang berwarna hitam.

 

Dial Besar

Penunjuk angka yang satu ini mempunyai faedah untuk membuktikan satuan air yang Anda gunakan. Tanda centang yang terdapat di antara angka merupakan pemisah antara satuan dan ratusan.

 

Gerigi Kecil (Dial Segitiga)

Bagian ini terdapat terhadap permukaan meteran dan merupakan indikator aliran rendah. Melalui dial ini, Anda mampu mengecek indikasi kebocoran bersama dengan coba matikan semua air di didalam rumah dan periksa apakah saluran air bocor atau tidak. Sehingga jika ada kasus mampu terdeteksi sedari dini agar tidak terlampau banyak air yang tidak digunakan yang terhitung sebagai tagihan.

 

Water Meter Digital

Water Meter Digital merupakan model meteran yang terlampau sederhana karena mampu dipasang bersama dengan mudah. Bentuknya pun gampang dan tidak terlampau besar. Alat meteran ini mampu dihubungkan bersama dengan kabel pulse dan di dukung bersama dengan daya yang berasal dari baterai.

Cara membaca meteran air digital sangatlah gampang karena maksimal cuma terdapat dua angka yang tertera terhadap layar display. Angka yang besar di bagian atas membuktikan jumlah volume air yang digunakan bersama dengan satuan liter atau kubik. Sedangkan angka kecil di bawahnya membuktikan flow rate atau kecepatan aliran.

 

Water Meter Modbus

Water meter yang menggunakan protokol komunikasi modbus lebih gampang dibaca dan dikontrol. Anda mampu membaca berapa jumlah volume air yang digunakan tanpa mesti melihat segera di meteran yang terpasang. Meteran selalu mampu dibaca tanpa mendatangi wilayah karena menggunakan alat bantu.

Para petugas mampu bersama dengan otomatis membaca hasil pengukuran meteran air melalui data yang secara otomatis dikirimkan melalui automatic meter reading. Data tersebut segera dihubungkan melalui jaringan ke pc atau aplikasi yang terdapat terhadap smartphone.