Patuhi Aturan Mengemudi Untuk Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas

Patuhi Aturan Mengemudi Untuk Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas

Pengemudi kendaraan roda dua dan empat harus memiliki rasa disiplin dalam berpatisipasi dalam berlalu lintas di jalan raya sehingga bisa menghindari kecelakaan lalu lintas. Semua orang menginginkan perjalanan yang nyaman, cepat dan mudah, tetapi Anda juga harus menyadari bahwa jalan bukanlah milik pribadi dan merupakan hak banyak orang.

Sayangnya, kecelakaan lalu lintas sering terjadi karena kecerobohan atau kelalaian dalam mengemudi yang mengakibatkan cedera pada diri sendiri atau orang lain. Untuk menghindari dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Inilah yang harus diperhatikan pengendara.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara

  • Periksa kendaraan

Yang pertama yaitu memeriksa mesin mobil dan perlengkapan yang dibawa seperti kondisi mesin dan tekanan angin ban yang direkomendasikan. Kecelakaan karena kondisi mobil yang tidak optimal juga menjadi salah satu faktor utama kecelakaan sering terjadi.

  • Sesuaikan posisi mengemudi

Pengendara mobil dan motor juga perlu mengetahui cara memilih postur berkendara yang baik. Jika memungkinkan, atur kembali posisi duduk Anda terlebih dahulu, agar nyaman tanpa pegal-pegal, kram, dan sejenisnya.

Pengendara yang nyaman tentunya akan lebih fokus pada jalan dan tidak akan merasa pegal atau kram yang dapat mengganggu fokus dan pandangan. Tentunya jika merasa tubuh sedang tidak sehat, jangan berkendara.

  • Gunakan sabuk pengaman

Jika Anda menggunakan mobil, jangan lupa untuk memasang sabuk pengaman Anda. Sabuk pengaman digunakan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan, termasuk dalam hal air bag. Untuk pengendara motor juga penting untuk mengenakan helm saat berkendara.

  • Atur kecepatan berkendara

Keempat yaitu mengatur kecepatan berkendara. Mengemudi dengan kecepatan tinggi baik-baik saja, tetapi hati-hati dengan pengemudi lain di sekitar, mereka juga membutuhkan jalan. Jadi setiap pengemudi wajib untuk mengatur kecepatan dan tetap fokus pada jalanan dan hati-hati dengan pengendara lain.

  • Sering periksa spion

Kelima dan yang paling penting namun sering diabaikan yaitu kaca spion yang digunakan untuk melihat kendaraan lain di belakang dan saat ingin berbelok atau melintasi persimpangan. Kecelakaan paling sering terjadi di persimpangan karena pengemudi biasanya tidak mengecek spion saat ingin berbelok atau tidak mengurangi kecepatan.

  • Tetap pada jalur

Keenam, tetap di jalur kanan yang ditentukan oleh undang-undang lalu lintas. Hal ini untuk menghindari kecelakaan dan kemacetan lalu lintas.

  • Jangan mendahului mobil yang tidak aman

Jika Anda ingin melewati kendaraan dalam posisi yang tidak dapat dilalui, perhatikan lalu lintas yang sangat berbahaya di depan. Sebagai contoh misalnya saat di tikungan, tanjakan, terowongan tanpa pembatas jalur, dekat dengan persimpangan jalan, kompleks perumahan, tempat ramai seperti sekolah, dll.

Meskipun kita sudah berhati-hati, terkadang kecelakaan masih bisa terjadi karena kelalaian dari pengendara lain. Tidak ada salahnya untuk melindungi diri dengan asuransi kecelakaan SuperYou, Super Safe Protection yang memberikan Perlindungan atas risiko biaya medis, risiko meninggal dunia, dan risiko Cacat Total & Tetap yang disebabkan kecelakaan.