al azhar memorial garden

Pemakaman Yang Sesuai Syariat Islam: 5 Hal Yang Harus Dipenuhi

Islam mengatur hidup manusia sejak dari bangun tidur hingga kembali tidur, sejak dilahirkan hingga kita meninggal nanti. Termasuk makam yang akan kita gunakan sebagai tempat perisitirahatan terkahir pun sudah diatur dalam syariat Islam.

Masih banyak Muslim Indonesia yang acuh terhadap syariat pemakaman ini. Padahal inilah tempat dimana kita memasuki alam kubur dan hisab pertama di alam kubur.

Lalu seperti apa pemakaman yang sesuai syariat Islam?

Ada minimal 5 hal yang harus dipenuhi apabila ingin sebuah makam sesuai dengan ajaran Nabi kita. Berikut list nya:

Pemakaman Yang Sesuai Syariat Islam

1. Hanya Terdiri Dari Gundukan, Sederhana Dan Tidak Ada Bangunan Apapun Diatasnya

Sering kali karena keinginan keluarga agar terlihat mewah, sebuah makam memiliki bangunan yang berlebihan diatasnya dan banyak ornamen lainnya.

Padahal Rasulullah mengajarkan agar tidak ada hal-hal seperti itu.

“Dan makam beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam digunduki tanah seperti punuk yang berada di tanah lapang merah. Tidak ada bangunan dan tidak juga diplester. Demikian itu pula makam kedua sahabatnya (Abu Bakar dan Umar).” Seperti yang disebutkan Ibnul Qayyim kitabnya Zaadul Ma’aad,

Selain itu dari riwayat lainnya:

“Diriwayatkan dari Jabir, ia berkata: Rasulullah saw melarang memplester kubur, mendudukinya dan mendirikan bangunan di atasnya.” (HR. Muslim, no. 94/970)

2. Makam Tidaklah di duduki atau di Injak-injak

Sering kan kita melihat orang-orang yang ziarah ke suatu makam, tidak mempedulikan makam sekitarnya dan dengan seenaknya menginjak atau menduduki makam.

Padahal hal ini termasuk hal yang dilarang oleh Nabi kita.

“Rasulullah saw. bersabda, ‘Lebih baik salah seorang dari kamu duduk di atas bara api hingga membakar pakaiannya dan sekujur tubuhnya daripada duduk di atas kubur’,” (HR Muslim (971).

Hadits diatas cukup tegas mengatakan larangan tersebut. Hal ini karena Allah sangatlah memuliakan manusia bahkan sampai meninggal dunia dan memperintahkan umat-Nya untuk menghormati makam seseorang.

3. Kedalaman Makam 1,5 M

Hal ini dikarenakan agar jenazah terlindungi dari hewan liar. Sehingga tidak ada hewan liar yang memakan mayit dari dalam makamnya.

Selain itu pula untuk melindungi orang-orang agar terhindar dari bau busuk mayit. Begitu indahnya Islam mengatur sampai hal sedetail ini

4. Boleh Meletakkan Nisan Penanda

Penanda ini berfungsi agar makam terlihat seperti makam dan orang-orang tidak lalai menginjak makam tersebut. Selain itu juga untuk mempermudah para peziarah dalam mengindentifikasi identitas mayit yang berada dalam makam.

Satu hal yang perlu diingat, nisan ini berfungsi hanya untuk penanda dan tidak untuk berlebih-lebihan apalagi bermewah-mewahan.

5. Kuburan Mewah Haram Hukumnya

Kini nampaknya mucul trend kuburan mewah dengan berbagai fasilitas wah yang ditawarkan. Padahal hal ini haram hukumnya. MUI jelas menyatakan Jual beli dan bisnis lahan untuk kepentingan kuburan mewah yang terdapat unsur tabdzir dan israf hukumnya haram,” jelas Fatwa MUI Nomor 9 tahun 2014

Pemakaman Khusus Muslim Karawang

Di karawang sendiri sudah ada pemakaman khusus Muslim yang diinisiasi oleh Yayasan Al Azhar Indonesia sejak 2011. Pemakaman khusus Muslim ini bernama: Al Azhar Memorial Garden.

Karena Al Azhar Memorial Garden adalah pemakaman khusus Muslim, semua hal yang dilaksanakan disini harus sesuai dengan syariat Islam seperti prosesi pengurusan jenazah, memandikan jenazah sampai memakamkan pun harus sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Selain itu semua makam sudah sesuai dengan kelima hal diatas. Untuk memastikan, Al Azhar Memorial Garden sudah memiliki sertifikat MUI dalam hal kesesuaian dengan syariat Islam.

Nah untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut seperti apa Al Azhar Memorial Garden dan harga terbarunya, bisa lihat didalam artikel berikut: Al Azhar Memorial Garden Harga 2021