Pemasaran Media Sosial – Bagaimana Ini Dapat Menguntungkan Bisnis Anda

 

Secara tradisional, konten dan frekuensi program pemasaran adalah domain eksklusif agensi eksternal seperti firma riset periklanan dan pemasaran. Namun, dengan munculnya media sosial, menjadi mungkin untuk menggunakan teknologi berbasis web untuk mendorong komunikasi interaktif. Ini sering disebut sebagai media yang dihasilkan konsumen, karena didorong oleh pengguna akhir. Pemasaran media sosial oleh karena itu, metode di mana bisnis memanfaatkan saluran media online sosial, untuk terhubung dengan target pasar mereka.

Pemasaran media sosial juga melibatkan pengoptimalan media sosial atau SMO. Disebut demikian, karena penekanannya adalah pada pencapaian pengoptimalan situs web, yang merupakan proses meningkatkan visibilitas situs di web. Media sosial mencakup situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, MySpace, blog, berbagi video seperti YouTube, situs bookmark sosial seperti Digg, Reddit, berbagi presentasi, berbagi foto, dan situs web Meetup yang populer. Ini juga identik dengan Pemasaran Jaringan Sosial. Ini melibatkan penggunaan situs jejaring sosial untuk memasarkan produk dan layanan, serta terlibat dalam aktivitas hubungan masyarakat.

Dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai pemasaran viral, pemasar dapat menggunakan situs web ini untuk meningkatkan penjualan produk, dan meningkatkan kesadaran merek. Metode pemasaran ini disebut viral karena pada dasarnya ditularkan dari orang ke orang, melalui situs jejaring sosial. Pesan teks, gambar, klip video, dan permainan, hanyalah beberapa alat yang digunakan dalam promosi pemasaran viral. Keberhasilan program pemasaran viral tergantung pada penargetan dan fokus pada orang-orang dengan jaringan sosial besar, yang memiliki pengaruh signifikan pada jaringan mereka. Ini akan memastikan bahwa pesan iklan memperoleh visibilitas yang optimal.

Pemasaran media sosial semakin dilihat oleh pemilik bisnis, sebagai bagian penting dari program pemasaran terpadu mereka, yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnis mereka. Studi menunjukkan bahwa pemilik bisnis, yang berkomitmen minimal 6 jam per minggu pada program pemasaran sosial, telah mampu menghasilkan setidaknya 50% lebih banyak eksposur untuk bisnis mereka. Bersamaan dengan ini, mereka telah mampu menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka, mendapatkan prospek yang berkualitas, dan menciptakan kemitraan bisnis baru.

Untuk memulai pemasaran media sosial, Anda tentu harus bergabung dengan salah satu situs media sosial teratas. Dalam Laporan Pemasaran Media Sosial April 2010 oleh Michael Stelzner, pemasar berpengalaman mengidentifikasi Twitter sebagai platform jejaring sosial nomor satu mereka, dengan blog mengikuti di tempat kedua. Untuk pemasar pemula, Facebook diperingkatkan sebagai pilihan nomor satu mereka diikuti oleh Twitter dan LinkedIn.

Salah satu cara penting di mana Anda dapat memaksimalkan manfaat menggunakan situs jejaring sosial, adalah dengan membangun Affiliate hubungan. Jika Anda menggunakan Twitter, misalnya, Anda dapat mulai mencari tweeter teratas di niche Anda dan bahkan di area lokal Anda. Setelah mengidentifikasi orang-orang ini, Anda kemudian dapat mulai berpartisipasi dalam diskusi, dan terlibat dalam promosi acara dan produk penting. Pastikan juga untuk menanggapi tweet, dan dorong retweet sebanyak mungkin.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari pemasaran sosial secara efektif termasuk mendapatkan umpan balik pemasaran, serta menghubungkan dengan pemain kunci dalam industri. Tautan-tautan ini tentu saja bersifat lintas budaya, serta internasional dan karenanya akan memperluas penetrasi pasar Anda.

Pemasaran jejaring sosial sangat berfokus pada konsumen. Melalui penggunaan media sosial, dimungkinkan untuk menyoroti apa yang dibutuhkan orang, daripada membujuk mereka untuk membeli sesuatu yang sudah Anda produksi. Umpan balik yang Anda dapatkan dapat memandu pengembangan produk Anda, dan memfokuskan upaya pemasaran Anda pada apa yang penting bagi keuntungan Anda.

 

Sumber Artikel: http://EzineArticles.com/5612972