pemasaran online

Pengertian dan Keuntungan Menerapkan Pemasaran Online

Pengertian Pemasaran Online

Online marketing atau pemasaran online adalah implementasi pemanfaatan situs berbasis web guna menyebarluaskan pesan mengenai merek, produk, serta layanan yang dimiliki oleh perusahaan kepada calon konsumennya. Cara atau metode yang dipakai untuk online marketing antara lain email, social media, dan SEO.

Di samping metode tersebut, masih banyak lagi cara yang bisa dipakai untuk online marketing. Tujuannya pun sama, yaitu menjangkau calon konsumen melalui media yang sering dipakai oleh mereka untuk bersosialisasi, berbelanja, mencari informasi, dan membaca berita secara online.

Zaman yang semakin modern membuat pemanfaatan internet meluas, baik untuk penggunaan pribadi dan bisnis. Hal ini menciptakan banyaknya saluran baru yang dapat dipakai untuk melakukan pemasaran dan periklanan produk perusahaan.

Online marketing memiliki banyak manfaat bagi para pelaku bisnis. Namun dibalik itu, strategi pemasaran online juga membawa tantangan tersendiri terutama dalam menciptakan media yang menarik serta mengubah virtual visitor menjadi konsumen sesungguhnya.

Online marketing ini sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional yang menggunakan radio, televisi, iklan cetak, dan billboard. Pemasaran secara tradisional membutuhkan biaya yang sangat besar.

Selain itu, pemasaran tradisional tidak mampu memberikan data yang terukur sehingga tidak cocok jika digunakan untuk eksperimen terkontrol.

Sementara strategi online marketing dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pengusaha online maupun offline. Biaya yang perlu dipersiapkan tidak begitu besar, bahkan ada yang tak memerlukan biaya sama sekali.

Manajemen pemasaran yang dilakukan secara online dapat menghasilkan data yang jelas. Oleh karena itu, metode ini cocok dipakai untuk eksperimen terkontrol.

Keuntungan Menerapkan Strategi Pemasaran Online

Menjalankan online marketing memberikan manfaat yang lebih banyak dibandingkan strategi pemasaran lainnya. Setidaknya Anda akan merasakan empat manfaat di bawah ini.

1. Bekerja 24/7 untuk Anda

Salah satu keuntungan dari strategi pemasaran online adalah biaya yang lebih rendah. Contohnya ketika Anda menggunakan jasa seorang staf marketing, dia hanya akan bekerja selama 8 jam dalam sehari dan 5 sampai 6 hari dalam seminggu.

Apabila Anda menggunakan strategi online marketing, pemasaran akan berlangsung 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Kalau Anda menggunakan jasa seorang staf seorang staf online marketing pun, pemasaran akan tetap berjalan terus menerus meskipun staf tersebut sedang libur.

2. Tak Terhalang Jarak

Manfaat atau keuntungan yang kedua dari strategi online marketing adalah dapat melakukan pemasaran tanpa harus terhalang oleh jarak. Apabila melakukan pemasaran secara offline, Anda membutuhkan biaya transportasi dan tenaga untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sementara memasarkan produk melalui media online akan menghemat biaya. Contohnya dengan biaya mulai dari Rp10.000 saja Anda sudah dapat memperkenalkan produk dan merek kepada ribuan orang melalui Facebook Ads dan Google AdWords.

3. Lebih Hemat Modal

Memasarkan produk secara online juga jauh lebih hemat modal dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Dengan pemasaran offline, Anda perlu memiliki sebuah tempat seperti ruko untuk memajang produk. Biaya yang diperlukan untuk membangun atau membuat ruko pastinya tidak sedikit.

Sementara dengan website, Anda sudah bisa membangun sebuah toko online hanya dengan modal sekitar Rp3.000.000 saja per tahun. Pelanggan bisa langsung berkomunikasi dan membeli produk Anda melalui website tersebut.

4. Bisa Berbisnis dari Mana Saja

Karena Anda memasarkan produk secara online, pemasaran bisa dilakukan dari mana saja. Keuntungan ini sebenarnya berkaitan erat dengan poin sebelumnya yaitu tak terhalang jarak. Anda tetap bisa bepergian ke mana pun sambil menjalankan bisnis Anda.

Hal inilah yang diimpikan oleh banyak orang, bekerja santai tapi penghasilan jutaan bahkan milyaran rupiah. Tentunya Anda tak bisa langsung meraup keuntungan melimpah saat masih permulaan. Anda harus bisa menggaet target pasar dan membuat produk yang disukai oleh pelanggan.

Cara Memulai Pemasaran Online

Masih bingung bagaimana cara memulai online marketing? Anda bisa mengawalinya dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Mulai membuat website dengan WordPress, tak usah bingung cara mengaturnya karena sudah banyak situs yang menyediakan template toko online gratis maupun berbayar.
  • Buat nama domain sendiri yang unik dan mudah diingat oleh masyarakat.
  • Mulailah promosi dengan cara mudah yang Anda kuasai. Teknik lainnya bisa Anda pelajari seiring dengan berjalannya bisnis.
  • Dapatkan alamat email calon pelanggan Anda untuk mengirimkannya penawaran produk, metode ini juga dapat disebut dengan email marketing.

Apabila Anda sudah memahami seluk beluk dari pemasaran online di atas, sekarang saatnya untuk mempraktekkannya. Kunci kesuksesan dalam online marketing adalah senantiasa mengikuti perkembangan dan menggunakan data sebagai acuan dalam penetapan keputusan.