Pembayaran Virtual Account dan Keuntungannya

Sistem pembayaran On-line semakin banyak dipakai oleh para pelanggan. Selain tergolong mudah, metode yang tersedia pun cukup lengkap dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya, pembayaran virtual account dengan metode transfer yang cukup simple. Metode ini menjadi pilihan wajib yang harus disediakan demi mendukung kemudahan transaksi On-line.

Pengertian Virtual Account

Virtual account adalah pembayaran otomatis yang menggunakan akun virtual dari pihak bank. Dalam proses transaksi, pihak penjual memberikan ID khusus yang terhubung langsung dengan VA. Nah, ID ini lah yang bakal dipakai pelanggan untuk menyelesaikan pembelian yang mereka lakukan.

Virtual account adalah ID milik perusahaan yang dibuat di suatu bank untuk mempermudah transaksi On-line yang dilakukan pelanggan. ID ini berfungsi sebagai rekening tujuan yang akan bersumber pada satu akun yang sama. Jadi, meskipun jenis transaksinya  berbeda, maka uang yang dikirim bakal terkumpul di tempat yang sama.

Fixed Virtual Account 

Jenis virtual account ini memiliki ID khusus yang tidak berubah-ubah. Jadi, saat pembeli melakukan transaksi secara berulang, maka ia tidak perlu memasukkan ID yang berbeda untuk memproses pembayaran. Hanya saja, jenis VA yang satu ini kurang cocok diaplikasikan pada beberapa model bisnis. Misalnya, bisnis jasa yang mengharuskan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara berulang kali.

Dynamic Virtual Account

Sesuai dengan namanya, pembayaran virtual account di sini menggunakan nomor ID untuk yang bersifat acak. ID ini hanya bisa dipakai di satu transaksi, sehingga jika ada transaksi lain maka sistem akan memberikan ID yang berbeda.

Contoh, Anda berbelanja beberapa produk On-line dan memilih metode pembayaran virtual account. Kemudian, Anda membeli lagi barang yang baru, di toko On-line yang sama, dengan metode pembayaran yang sama. Nah, ID yang pada transaksi pertama dan kedua jelas berbeda, jika menggunakan jenis dynamic virtual account.

Beberapa Keuntungan Virtual Account untuk Bisnis

     Memproses transaksi secara otomatis

     Pencatatan lebih jelas dan detail, yang berguna untuk rekonsiliasi perusahaan

     Transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa ribet

     Jenis virtual account bisa dipilih sesuai kebutuhan

     Memproses transaksi pelanggan secara mudah, meskipun dari nomor rekening bank yang berbeda

     Bisnis terlihat lebih profesional dan meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata para pelanggan

     Dan lain-lain

Layanan pembayaran virtual account kini semakin mudah untuk didapat. Banyak penyedia payment gateway yang siap memfasilitasi bisnis agar memiliki metode transaksi yang paling baik. Salah satu  payment gateway terpercaya untuk layanan virtual account adalah Duitku.com. Duitku menawarkan paket lengkap virtual account dengan pilihan bank yang sangat lengkap. Bukan hanya itu, Duitku pun menawarkan banyak layanan payment gateway lainnya, seperti e-wallet, kartu kredit/debit, pembayaran di toko retail, dan lain-lain. Info dan detail lengkapnya bisa dicek di Duitku.