Pentingnya Pembelajaran Sekolah Offline bagi Anak

Adanya pandemi akibat covid-19 di Indonesia membuat banyak aktivitas akhirnya dilakukan secara online atau daring. Namun, bagi beberapa orang pembelajaran yang dilakukan secara daring tidak seefektif pembelajaran secara tatap muka untuk anak. Lantas, apa pentingnya pembelajaran sekolah offline bagi anak?

3 Alasan Utama Pentingnya Sekolah Tatap Muka

1. Pembelajaran yang Lebih Efektif

Alasan pertama mengapa sekolah tatap muka penting adalah karena keefektifannya. Seperti yang banyak orang tua tahu, pembelajaran jarak jauh tidak berlangsung secara efektif. Hal ini dikarenakan guru tidak bisa efektif dalam mengajar anak didiknya serta anak juga tidak bisa efektif dalam menyerap pembelajaran yang diberikan.

Tidak hanya itu, pembelajaran secara jarak jauh atau daring membuat banyak anak tidak fokus belajar. Tidak fokus belajar ini biasanya disebabkan oleh suasana lingkungan rumah yang tidak mendukung kegiatan pembelajaran sehingga anak menjadi tidak fokus dibanding saat mendapatkan pembelajaran secara langsung atau tatap muka.

Selain itu, salah satu kendala saat menjalani pembelajaran daring adalah sumber dan media pembelajaran yang kurang familiar. Dengan diadakannya kembali sekolah offline, sumber dan media pembelajaran yang sebelum masa pandemic sudah diterapkan dapat kembali diterapkan karena lebih familiar sehingga mudah dipahami oleh siswa.

2. Penilaian Karakter Anak Lebih Mudah

Sekolah tidak hanya bertujuan untuk membuat anak pintar dalam hal akademis. Karakter juga dapat dibentuk melalui sekolah. Dengan adanya pembelajaran daring, karakter dari setiap anak akan sulit untuk diidentifikasi. Karena, karakter siswa biasanya dilihat dengan cara berinteraksi dengan mereka atau menganalisisnya secara langsung.

Selain karakter siswa, keteladanan siswa merupakan salah satu hal yang ingin dicapai dengan adanya pendidikan melalui sekolah. Keteladanan ini perlu adanya praktik dan analisa secara langsung dari guru dan pengajar sehingga akan sulit jika dilakukan dengan pembelajaran secara daring.

3. Anak Menjadi Tidak Mudah Stres 

Sekolah offline dapat membuat anak menjadi tidak mudah stress. Pasalnya, sekolah secara tatap muka dapat memberi anak tempat untuk berinteraksi secara langsung dengan teman-teman sebayanya, dengan guru, maupun dengan orang di sekitar. Hal ini tentu akan sulit didapatkan saat pembelajaran daring karena anak hanya terpaku pada layar gawai.

4. Praktikum Lebih Mudah Diterapkan

Dengan diberlakukannya kembali sekolah tatap muka, praktikum akan lebih mudah untuk diterapkan. Guru dapat mengawasi para siswanya dengan mudah saat sedang melakukan tugas praktikum. Penilaian kepada setiap siswa dapat menjadi lebih terukur dan efektif saat pembelajaran dilakukan di sekolah offline.

Nah, itu dia 4 hal utama pentingnya sekolah tatap muka. Jika Anda ingin anak mendapatkan pembelajaran secara tatap muka maupun secara daring, Sekolah Murid Merdeka merupakan solusi yang tepat dan terbaik untuk Anda. Sekolah ini memberikan Anda dan anak kebebasan untuk memilih pembelajaran secara daring atau tatap muka.