Perekrutan Cerdas untuk CEO

Perekrutan Cerdas untuk CEO

Perekrutan Cerdas untuk CEO :

Perekrutan Cerdas untuk Chief Executive Officer (CEO) perusahaan dengan ukuran apa pun, sangat penting bagi perusahaan. CEO adalah kunci atau eksekutif utama dalam sebuah bisnis dan menentukan secara praktis segala sesuatu yang terjadi dalam bisnis sehingga menjadi alasan untuk selalu merekrut secara cerdas.

Dia merancang, mengembangkan dan memastikan penerapan strategi dan taktik untuk perusahaan, dalam kaitannya dengan pemangku kepentingan seperti dewan direksi, pemegang saham dan investor, tim manajemen, dll. Dia memberikan kepemimpinan perusahaan secara keseluruhan dan memastikan lingkungan yang menguntungkan untuk implementasi dan pencapaian bisnis tujuan dan sasaran, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

CEO menetapkan kecepatan dan arah umum perusahaan. Dia membangun tim dan memberdayakan mereka, melengkapi mereka dengan sumber daya yang dibutuhkan, memantau kinerja mereka dari waktu ke waktu dan juga memberi penghargaan yang sesuai.

Seorang CEO harus dapat fokus pada isu-isu kunci seperti misi dan visi, manajemen perubahan, peningkatan nilai pemegang saham, pertumbuhan, alokasi sumber daya, strategi, profitabilitas dan keberlanjutan, efisiensi dan efektivitas, manajemen risiko, AKDSEO merupakan agency digital marketing yang fokus melayani jasa Backlinks dan Link building website, termasuk di dalamnya Jasa Menaikkan DA ( Domain Authority), pembangunan tim, dll. Jika CEO masa depan tidak bisa keluar dengan jelas dan kuat dalam aspek ini, maka dia mungkin menjadi pertaruhan bagi perusahaan.

Peran CEO adalah peran gambaran besar, karena berfokus pada fondasi perusahaan, yang dimanifestasikan oleh kombinasi dan interaksi di atas. Reed Manning, Spa & Salon Masa depan seluruh bisnis sangat tergantung pada bagaimana perusahaan mengenali dan mengelola dinamika apa yang penting bagi perusahaan, dengan mempertimbangkan berbagai faktor lingkungan baik internal maupun eksternal.

Terlepas dari pendekatan yang digunakan dalam merekrut seorang CEO, pertimbangan penting tertentu seperti yang ditunjukkan di bawah ini harus diperhitungkan, agar dapat merekrut dengan cerdas.

Fokus pelanggan. Seorang perekrutan CEO yang tidak memiliki fokus pelanggan mungkin tidak dapat menambahkan banyak nilai pada layanan pelanggan yang sangat baik sehingga membatasi pertumbuhan perusahaan. Saat merekrut, cari sifat eksentrik atau fokus pelanggan atau klien yang baik.

Keterampilan orang juga penting untuk CEO yang baik. Ia harus mampu membangun tim yang hebat, mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang lebih pintar dari dirinya, suka mendelegasikan pekerjaan dan mengembangkan orang lain, energik namun mampu memberikan energi kepada orang lain, memiliki kepedulian yang tulus terhadap orang lain, persuasif dan komunikator yang baik. bagus, mampu menampung berbagai pendapat sementara. menjaga ketegangan yang sehat dalam tim.

Masalah kepribadian seperti integritas (kebenaran, tanggung jawab, kepatuhan terhadap hukum, dll.), keterbukaan, hati nurani, pikiran inovatif serta keterampilan yang dipelajari lainnya seperti berpikir analitis dan kritis, kecerdasan, pemecahan masalah, dll juga penting. CEO harus otentik dan tidak palsu, tetapi berwibawa dan terkendali, mudah terhubung dengan orang-orang, percaya diri. Tuntutan peran membutuhkan ini dan CEO Anda harus memilikinya.

Pratinjau pekerjaan untuk pemahaman yang tepat tentang konten pekerjaan harus menjadi salah satu pertimbangan Anda. Jika Anda mempekerjakan CEO rabun yang memiliki pemahaman terbatas tentang apa yang diperlukan untuk berhasil, dan ruang lingkup pekerjaan, perusahaan akan menderita. Anda dapat menggunakan pratinjau pekerjaan untuk mengidentifikasi orang yang tepat.

Untuk mempekerjakan orang-orang pintar, Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan untuk menangani situasi dan keputusan yang menantang termasuk kemunduran atau krisis. Kedewasaan adalah hal mendasar bagi seorang CEO. Kemampuan untuk mengatasi badai fluktuasi, krisis, kemerosotan ekonomi, dll sangat penting bagi seorang CEO. CEO membutuhkan keberanian untuk membuat keputusan ya-atau-tidak yang sulit, dan mengetahui kapan harus membatasi penilaian dan opsi panggilan. Pengalaman sulit seharusnya tidak mematahkan semangat seorang CEO.

Kelemahan seperti menempatkan kesuksesan pribadi dan prestise di atas tujuan perusahaan harus menjadi tanda peringatan bagi Anda saat merekrut seorang CEO. Seorang CEO yang baik selalu menempatkan perusahaan di atas tujuan dan ambisi pribadinya.

Kemampuan untuk secara ahli memadukan dan menyeimbangkan kepentingan berbagai pihak dalam bisnis merupakan kriteria penting lainnya untuk pemilihan CEO. Ini menjadi lebih berharga bagi bisnis besar di mana jumlah, sifat, tuntutan, dan kompleksitas berbagai pemangku kepentingan meningkat. CEO yang tepat harus mampu membangun dan mengelola hubungan secara efektif untuk kepentingan perusahaan, dengan pihak manapun.

Kemampuan aktual untuk melakukan perlu dinilai. Keberhasilan sebelumnya berdasarkan faktor umum seperti industri, tren ekonomi, dll. Tidak perlu diklaim oleh CEO Anda. Carilah kemampuan nyata untuk menciptakan dan memberikan nilai bagi perusahaan. Di sisi lain, faktor sekunder seperti politik dewan, yang mungkin membatasi kinerja CEO di masa lalu, perlu dipertimbangkan dengan cermat agar Anda tidak kehilangan perekrutan yang baik.

Visi dan semangat -Kemampuan untuk melihat sekeliling, intuisi, rasa prediksi, kemampuan untuk membayangkan yang tak terbayangkan dll adalah landasan dari CEO yang baik. Dia harus bergairah tentang bisnis, berani dan tegas dalam mengejar visi perusahaan. Ini juga melibatkan kemampuan untuk belajar dari kesalahan dan terus bergerak menuju visi dengan penuh semangat.

Budaya pelaksanaan – menempatkan keputusan ke dalam tindakan dan mendorong penyelesaian sambil berfokus pada hasil. Hal ini didasarkan pada proses strategi, proses operasi dan proses orang.

Karena pentingnya CEO secara keseluruhan, kesalahan apa pun yang dilakukan perusahaan dalam merekrut untuk posisi ini akan berdampak besar pada bisnis, dan mungkin perlu waktu satu tahun atau lebih untuk memperbaikinya. Beberapa perusahaan bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menangani kesalahan perekrutan CEO.

Beberapa pilihan dapat digunakan untuk mempekerjakan seorang CEO meskipun sebagian besar perusahaan lebih memilih untuk mengalihdayakan tanggung jawab ini secara normal kepada perusahaan pencari eksekutif. Perusahaan dapat melakukan iklan terbuka, headhunt, atau menggunakan pendekatan lain untuk mengidentifikasi, menarik, dan mempertahankan CEO yang sesuai.

Sebagai alternatif, daripada mendatangkan orang luar, beberapa perusahaan lebih suka mengidentifikasi orang dalam. Perusahaan seperti itu cenderung membangun dan memiliki tim manajemen yang sangat kuat dengan rencana suksesi yang dijalankan dengan baik, oleh karena itu terkadang memanfaatkan bintang yang sedang naik daun di dalam perusahaan untuk penggantian CEO. Untuk perekrutan eksternal, pemeriksaan latar belakang yang komprehensif adalah suatu keharusan.