Rekreasi kebun bintang ragunan

Rekreasi Kebun Binatang Ragunan Jakarta komplet

Kebun Binatang Ragunan Salah satunya desatinasi rekreasi yang populer di Jakarta ialah Ragunan. Kebun binatang yang ini lokasinya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tempati tempat selebar 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan memiliki banyak koleksi satwa. Minimal ada 295 spesies dengan 4040 sampel.

Dulu saat kasus flu burung ramai, kebun binatang ini pernah ditutup sepanjang tiga minggu. Ini karena satwa yang menempati kebun binatang ada yang terkena flu burung. Kejadian ini terjadi persisnya di tanggal 19 September 2005 s/d 11 Oktober 2005.

Riwayat Kebun Binatang Ragunan

Ragunan sebagai kebun binatang pertama kali yang ada di Indonesia. Saat sebelum namanya Ragunan, kebun binatang ini diberi nama Planten En Dierentuin yang mempunyai makna Tanaman dan kebun binatang.

Ragunan dibuat pada 1864. Saat sebelum tempati lokasi yang saat ini, Kebun Binatang Ragunan berada di wilayah Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Di mana tanah selebar 10 hektar yang digunakan untuk membangun kebun binatang ialah pemberian dari Raden Saleh, seorang pelukis populer Indonesia.

Pengurus Planten En Dierentuin waktu itu ialah satu perhimpunan yang diberi nama Perhimpunan Pengasih Flora dan Fauna Batavia yang diberi nama Culturule Vereniging Planten En Dierentuin at Batavia. Di tahun 1949 terjadi penggantian nama kebun binatang, dari Planten En Dierentuin jadi Kebun Binatang Cikini.

Bersamaan perubahan ibu-kota, lama-lama Cikini dirasakan tidak pas kembali digunakan sebagai tempat peragaan satwa. Oleh karenanya saat pemerintah Gubernur Dr. Soemarno dibentuklah Tubuh Penyiapan Penerapan Pembangunan Kebun Binatang yang mempunyai tujuan untuk mengalihkan lokasi kebun binatang dari wilayah Cikini ke wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tempat yang dihibahkan oleh pemda untuk lokasi kebun binatang ini ialah selebar 30 hektar di Ragunan. Lokasinya sekitaran 20 km bila dilalui dari pusat perkotaan.Saat dilaksanakan perpindahan, satwa yang dibawa dari Cikini ialah sekitar lebih dari 450 ekor satwa, di mana itu sebagai tersisa koleksi paling akhir dari Kebun Binatang Cikini.

Pembukaan sah Kebun Binatang Ragunan dilaksanakan di tanggal 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI saat itu yakni Mayor Jenderal Ali Sadikin yang saat itu dinamakan Taman Margasatwa Ragunan. Seterusnya pada 1983, di bawah pimpinan direktur pertama Ragunan yang namanya Benjamin Galstaun nama Taman Margasatwa Ragunan kembali diganti jadi Tubuh Pengurus Kebun Binatang Ragunan.

Selanjutnya pada tahun 2001 kembali terjadi peralihan nama jadi Kantor Taman Margasatwa Ragunan. Pada 2009 berbeda nama sedang menjadi UPT Taman Margasatwa Ragunan. Sedang 2010 namanya Tubuh Service Umum Wilayah Taman Margasatwa Ragunan. Dan saat itu luas kebun binatang capai 147 hektar dalam jumlah satwa 2101 ekor dan spesiesnya 220.

Pada 2015 BLUD Taman Margasatwa Ragunan kembali berbeda nama jadi Kantor Pengurus Taman Margasatwa Ragunan ikuti Perda no.12 tahun 2014 mengenai Organisasi Piranti Wilayah.

 

Taman Refleksi Kebun Binatang Ragunan

Tidak beberapa orang yang mengetahui jika di Kebun Binatang Ragunan ada satu tipe sarana atau lokasi yang memang khusus disiapkan untuk refleksi. Namanya ialah Taman Refleksi. Taman ini berada di Central Tempat Pusat Primata Schmutzer. Taman Refleksi berupa sebuah taman yang mempunyai bebatuan yang direncanakan khusus untuk refleksi. Ingin ke Taman Refleksi paling cocok didatangi pada sore atau pagi hari.

Beberapa pengunjung bisa manfaatkan Taman Refleksi sebagai tempat olahraga, rileksasi, bahkan juga sekadar mendokumentasikan gambar ke lensa camera. Di tengah-tengah kolam Taman Refleksi ada ikon orang utan dan patung gajah dan komodo sama ukuran super besar alias raksasa.

Untuk pengunjung disabilitas atau mempunyai kebatasan, terutamanya untuk yang menggunakan bangku roda, Taman Refleksi ini ramah pengunjung disabilitas. Mereka mendapatkan akses yang gampang agar bisa nikmati Taman Refleksi ini. Ada di Taman Refleksi sekalian santai dengan keluarga dan rileksasi, benar-benar cocok dan tentunya membuat pemikiran dan badan fresh kembali.

Taman Satwa Anak

Taman Satwa Anak ialah semacam taman yang tampilkan bermacam jenis satwa yang tentu saja dicintai oleh anak. Misalnya ialah ikan arapaima gigas yang disebut ikan raksasa dengan berat badan capai 100 kg, sang kakatua yang pandai tirukan suara dan bicara, mini terrarium dengan ular condrophyton yang memiliki warna badan seperti pelangi alias warna warni, kapibara yang disebut semacam satwa pengerat, jarring laba-laba, dan tempat bermain anak-anak.

Semuanya yang berada di sini tentu membuat anak-anak kerasan. Harga untuk masuk teritori Taman Satwa Anak benar-benar dapat dijangkau, lho. Cukup hanya uang Rp 2500,- kita bisa ajak anak menyaksikan hewan lucu dan membuat anak senang.

Aquarium Arapaima

Arapaima ialah semacam ikan raksasa yang dari Amazon. Aquarium yang berisi ikan arapaima bisa kita saksikan di lokasi Taman Satwa Anak. Aquarium ini lebih banyak mengisap ketertarikan pengunjung untuk menyaksikannya karena kekhasan yang dipunyai dan memberinya pembelajaran atau pengajaran mengenai air tawar itu. Nach, janganlah lupa berkunjung Aquarium Arapaima bila tengah rekreasi ke Ragunan, ya.

Gajah Tunggang

Pernah memikirkan bagaimana rasanya naik hewan besar dan tinggi seperti gajah? Wah, tentu campur baur. Ada suka, sedikit tegang, bahkan juga muncul perasaan takut. Gajah sebagai gajah tunggang, telah jinak . Maka kita dapat berkeliling-keliling naik gajah dengan nyaman dan aman. Naiknya sendirian? Tenang, tidak sendiri, kok. Bakal ada perawat gajah yang ikut serta. Mari, kalahkan rintangan naik gajah dan rasakan kesan yang berbeda.

Persewaan Sepeda

Malas keliling dengan jalan kaki? Anda bisa sewa sepeda kayuh untuk menelusuri Kebun Binatang Ragunan. Benar-benar menyenangkan! Jika anda sendirian, dapat rental sepeda tunggal atau satu kayuh. Sedang bila anda tiba bersama teman dekat, lebih hebat sewa sepeda double dengan 2 kayuh.

Unta Tunggang

Untuk anda yang ingin nikmati kesan naik unta seperti pada Mesir atau Negara Arab Saudi, tidak perlu jauh keluar negeri. Di Kebun Binatang Ragunan ini ada. Naik unta sekalian memikirkan bentangan padang pasir menghampar ditambah lagi kesan udara panas gurun. Seakan seperti berada di gurun saja.

Kereta Keliling

Berkeliling-keliling Taman Margasatwa Ragunan yang luas tentu saja benar-benar meletihkan. Kereta keliling menjadi alternative untuk kita berkeliling-keliling Ragunan yang luas. Sejauh perjalanan memakai kereta keliling kita dapat nikmati panorama bermacam satwa di kanan-kirinya.

Taman Perahu Angsa

Taman Perahu Angsa ialah semacam danau bikinan atau kolam besar selebar 2000 m2 dengan beberapa pulau bikinan di tengahnyanya. Diberi nama Taman Perahu Angsa karena kita bisa telusuri kolam dengan menggunakan perahu angsa.

Panggung Satwa

Beragam pertunjukan satwa yang memikat bisa kita saksikan saat ada di Panggung Satwa. Misalnya ialah kakatua yang pintar mainkan gelang warna dan beruang yang pandai memakai sepeda. Pertunjukan itu dibungkus dengan bagus hingga benar-benar melipur pengunjung bahkan juga membuat semua ketawa. Teritori ini membuka pada jam 10.00-15.00 pada harga ticket benar-benar dapat dijangkau yakni Rp 4000,- saja.

Kuda Bendi

Kuda bendi sebagai semacam alat transportasi yang sudah sangat jarang. Satu bendi optimal mengusung penumpang sekitar empat orang. Kesan berkuda bendi bisa kita alami saat bertandang ke Kebun Binatang Ragunan.

Kuda Tunggang

Tidak boleh memikirkan kuda picu besar dan tinggi yang berada di sini. Kuda tunggangnya ialah semacam kuda poni memiliki ukuran sedang, tidak terlampau besar. Kuda tunggang berada di teritori Taman Satwa Anak. Ajak anak berkeliling-keliling berkuda tunggang sejauh Taman Satwa Anak memberikan pengalaman yang tidak terlewatkan untuk buah kesayangan tersayang. Untuk berkuda tunggang kita akan ditemani dengan perawat kuda, jadi aman.

baca : Tempat Liburan Pulau Tidung Menghilangkan Depresi serta Letih

Pusat Primata Schmutzer

Ini ialah pusat primata yang ada di Kebun Binatang Ragunan yang telah berkualitas internasional dan mempunyai peran dalam pelestarian primate Indonesia. Sekalian sebagai jendela info yang bisa memberinya informasi berkenaan beragam hal mengenai primata. Ada bermacam tipe primata Indonesia di sini, diantaranya ialah gorilla, simpanse, dan tipe primata di luar negeri.

Pusat primata ini berdiri pada tempat selebar 13 hektar dengan mengangkat ide open zoo, yakni tempat rumah satwa dibikin serupa dengan komunitas aslinya. Ikon tempat ini yang berbentuk orangutan dan gorilla juga menarik. Pintu gerbang memiliki bentuk 1/2 lingkaran serupa kubah raksasa dengan tangga ke arah jembatan. Dan di atas jembatan itu kita dapat menyaksikan gorilla daratan rendah.

Jika ingin menyaksikan orangutan langsung dapat melalui terowong orangutan atau yang lebih dikenali bernama orangutan tunnel. Gorila yang kita saksikan di atas jembatan barusan sebagai salah satunya tipe kera terbesar yang berada di dunia dengan berat badan capai lebih dari 100 kg. Pas jam 12.00 bakal ada petugas yang memberikan makan gorilla dan kita dapat melihat langsung di sini.

baca : Tujuan Rekreasi Pulau Seribu, Paling Banyak Di Datangi

Beberapa sarana pusat primata ini diantaranya yakni dapur makanan satwa, diorama satwa, perpustakaan dan sarana pengajaran yang mempunyai ruang teater tempat memutar film dokumenter primata memiliki 85 bangku. Untuk nikmati film documenter kita harus bayar tiketnya dengan harga Rp 150.000,-.

Fauna Kebun Binatang Ragunan

Beruang madu

Badannya warna hitam dan kilap dengan ekor yang pendek dan mulut atau moncongya abu-abu. Dada ada bintik kekuningan dengan berat sampai 60 kg. Ini terhitung dalam tipe mamalia.

Harimau Sumatera

Ialah harimau dengan komunitas asli Pulau Sumatera. Bulu-bulu loreng cokelat kuning dengan wujud vertical dari kepala s/d ekornya. Tinggi dapat sampai 60 cm dengan panjang badan 250 cm. Sebagai tipe mamalia.

Siamang

Ialah semacam kera hitam dengan lengan yang panjang dan komunitas di pohon-pohonan. Siamang hewan yang pintar dan terampil di pohon menjadi predator sulit tangkapnya. Ini sebagai spesies yang hampir musnah. Sebagai tipe mamalia.

Gorila

Primata paling besar di dunia yang aslinya dari rimba tropis di Afrika. Gorila benar-benar dekat sama manusia sesudah tipe simpanse. Gorila memiliki dua genus yakni gorilla timur dan gorilla barat.

Babirusa

Ini ialah hewan asli Pulau Buru, Mangole, dan Taliabu di Maluku. Sebagai tipe mamalia

Tapir Asia

Tapir ini ialah yang terbesar dari ke-4 tipe tapir dan sebagai salah satu yang aslinya dari Asia. Tapir di Sumatera biasa juga dikenal dengan panggilan gindol, babi alu, kuda ayer, dan sebagainya.

Singa

Hewan ini hidupnya bergerombol. Dan pada sebuah barisan umumnya terbagi dalam banyak singa betina dengan 1 jantan. Mereka jaga wilayah kekuasaan secara baik.

Bekantan

Umum diketahui dengan monyet hidung panjang. Warna bulu-bulu cokelat kemerahan dan bisa dijumpai di Asia Tenggara dan Kalimantan.

Monyet kokah

Ini ialah semacam primata dengan warna putih hitam yang unik. Menyebar di Thailand, Sumatera, dan Kepulauan Riau.

Rusa Sulawesi

Rusa besar yang persebarannya sampai ke Asia Tenggara, India, dan Cina.

Kura-kura pipi merah

Kura-kura ini ialah hewan piaraan terpopuler di dunia karena hewannya yang gampang untuk dipiara.

Sanca patola

Ini ialah semacam ular yang tidak berbisa dan dapat diketemukan di Indonesia, Australia, dan Papua Nugini.

Biawak salvator

Ini ialah tipe kadal paling besar di daerah Asia Tenggara dan Selatan. Komunitas hidupnya ialah lokasi yang dekat sama air.

Komodo

Ini ialah kadal purba paling besar di dunia yang bisa kita temui di Kebun Binatang Ragunan dan Pulau Komodo, Rinca, Padar, Flores, dan sebagainya. Panjangnya capai 3 mtr. dengan berat sampai 70 kg.

King kobra

Hewan ini bisa diketemukan di India s/d Asia Tenggara dan sebagai tipe ular berbisa yang paling panjang di dunia. King kobra banyak dipandang ular yang beresiko dan mengerikan.

Kadal lidah biru

Salah satunya famili dari kadal biru berlidah dari Timur. Memerlukan lokasi yang memiliki kelembapan tinggi seperti rimba hujan agar mereka bisa hidup secara baik. Bisa diketemukan di New Guinea dan beberapa pulau sekitarnya.

Biawak hitam

Terhitung dalam keluarga Varanidae dan memiliki panjang badan sekitaran 90 s/d 120 cm.

Kadal Maluku

Kadal Maluku menyebar mulai dari Kepulauan Maluku, New Guinea, Solomon, Australia, s/d Kepulauan Mariana. Dapat mengalami perkembangan s/d 3,5 sampai 4 kaki.

Sanca sawah putih

Terhitung satu diantara tipe ular yang terbesar yang berada di dunia. Diketemukan di wilayah tropis dan subtropics sisi Selatan dan Asia Tenggara. Kadang ada dekat sama air atau bersembunyi pada pohon-pohonan.

Kadal hijau

Mempunyai ukuran badan yang kecil s/d sedang. Warna dari kadal hijau ialah hijau s/d biru kehijauan. Berwarna yang elok membuat kadal ini lebih banyak dicari beberapa kolektor dan pengurus kebun binatang.

Pelikan

Burung pelikan memiliki kantung pada bagian bawah paruhnya. Burung ini tidak bisa hidup di udara dingin seperti kutub, namun dapat hidup pada wilayah yang memiliki temperatur hangat. Nyaris di semua benua, terkecuali Antartika bisa diketemukan pelikan.

Elang ikan kepala kelabu

Burung ini ialah burung yang makan ikan dengan komunitas di rawa, gunung, perairan, dan danau.

Elang Irian

Elang ini disebutkan bernama elang perampas. Warna bulu-bulunya cokelat keabuan dengan jambul pendek. Mempunyai mata yang besar dan ekor berupa bundar memanjang. Panjang ukuran badan di antara 75-90 cm, ukuran lebar sayap sekitaran 157 cm, berat tubuh s/d 2400 gr. Kakinya panjang dan tidak ada bulu-bulu, cakarnya kuat dan tajam. Ukuran tubuh sang betina semakin besar dari pejantan. baca liburan pulau pelangi jakarta murah

Puyuh Mahkota Sengayan

Burung puyuh kecil ini panjangnya Hanya 25 cm dengan warna kaki merah dan ada bulatan merah pada sekitar matanya. Benar-benar gampang membandingkan di antara yang jantan dan betina. Untuk burung jantan berwarna biru cukup ungu dan mengkilat dengan warna merah pada bagian paruh bawahnya dan dahi putih. Sementara betina memiliki jambul pendek abu, sayap cokelat dengan badan hijau.

Flora Kebun Binatang Ragunan

Sawo

Pohon sawo memiliki usia yang panjang dengan buah warna cokelat dan biji hitam keras.

Saputangan

Tanaman ini mempunyai ciri-ciri tinggi dapat capai 15 mtr., tangkai tegak, bundar, memiliki daun majemuk, tulang daun menyirip, lonjong.

Puspa

Tanaman ini termasuk keluarga teh dan sebagai pemroduksi kayu kualitas sedang. Puspa juga dikenal bernama medang gatal karena pohon ini ada susunan gatal pada pepagan apabila digergaji akan berhamburan dan membuat gatal kulit.

Pinus

Pinus atau tusam umumnya memiliki karakter berumah satu, adalah pada sebuah tanaman ada organ jantan dan betinanya tetapi berada terpisah.

Pala

Tanaman ini datang dari Banda, Maluku. Pala ialah rempah berharga tinggi yang sudah jadi bahan penting yang diperjualbelikan semenjak Romawi. Di Indonesia biasa dibuat jadi manisan pala.

Itu informasi-informasi berkenaan Kebun Binatang Ragunan. Sebetulnya ada banyak tipe flora dan fauna yang berada di Ragunan. Beragam tipe mamalia, ikan, burung, dan reptil bisa saja tontonan yang memikat dan memberinya pengetahuan terutamanya pada anak-anak. Hewan yang belum pernah mereka temui awalnya, dan bisa mereka saksikan di sini bisa menjadi pengalaman yang tidak akan terlewatkan untuk anak.

Lokasi kebun binatang yang gampang dicapai darimanakah saja dan jumlahnya tipe hewan dan tumbuhan yang dapat disaksikan jadi keunggulan pada kebun binatang yang ini. Untuk kekurangannya kemungkinan ialah berbau yang menusuk dari kotoran hewan, beberapa pengunjung yang belum sadar akan kebersihan hingga biarkan sampah berantakan di mana saja atau dibuang asal-asalan hingga lokasi rekreasi jadi kotor. Bila ingin tahu, mari bertandang ke Ragunan, ya.