Resep Ayam Geprek Kemangi

Ayam geprek sebagai macam menu masakan daging ayam yang mulai banyak disukai warga Indonesia sekitaran tahun 2017 lalu. Beberapa artikel menjelaskan jika ide dari ayam geprek ialah ayam keprek. Bedanya ayam geprek ialah ayam goreng biasa yang di geprek dalam cobek sambal, sedang ayam keprek sebagai ayam berbalut tepung krispi dan di geprek dengan cabe dan bawang.

Resep Ayam Geprek Kemangi

Dilansir dari mpotimes, macam menu makanan ayam geprek memiliki banyak varian. Dimulai dari Ayam geprek Orisinal, Ayam geprek Sambal Bawang, Ayam Geprek Sambal Matah, s/d Ayam Geprek Mozzarella. 

Warung dan kedai yang menyajikan ayam geprek juga kian menjamur adanya. Kalian bisa menemukan makanan ini hampir di setiap sudut kota, tentunya dengan berbagai varian yang berbeda.

Akan tetapi, sudah pernahkah kamu memikirkan gabungan wangi semerebak kemangi dan pedasnya sambal dengan ayam krispi? Jika belum, kalian bisa coba resep ini dirumah.

Cara membuat dan bahan yang digunakan juga sederhana, kalian bisa menemukan bahan di warung sekitar rumah. Kalian bisa membuat di sela-sela waktu luang, apalagi buat kalian yang bekerja dari rumah.

Nah berikut adalah resep ayam geprek kemangi yang bisa kalian praktekkan. Selamat mencoba!

Resep Ayam Geprek Kemangi

Anda bisa mulai menyiapkan beberapa bahan untuk membuat ayam geprek kemangi dibawah ini;

1 kg ayam

1 biji jeruk nipis

1 sdt kaldu bubuk

1 sendok teh garam

½ sdt lada bubuk

2 biji bawang putih, diulek lembut

150 mililiter susu UHT (plain atau full krim)

Minyak goreng seperlunya

2 butir putih telur, kocok rata

500 mililiter air es

1 sdt kaldu bubuk

2 biji bawang putih, diulek lembut

300 gram tepung terigu

100 gram tepung sagu

1 sdt cabe bubuk

1 sdt kaldu bubuk

½ sdt soda kue

½ sendok teh garam

½ sdt merica bubuk

¼ sdt pala bubuk

2 biji bawang merah

3 siung cabe rawit merah

5 – 10 helai daun kemangi (atau sama sesuai selera)

Garam dapur seperlunya

 

Cara membuat ayam geprek kemangi sederhana

Pertama, kalian bisa membersihkan daging ayam sampai bersih, lalu berikan perasan jeruk nipis, dan biarkan meresap selama 10 – 15 menit, setelah itu bersihkan kembali daging ayam sampai bersih. 

Masukkan daging ayam ke dalam wadah, masukan semua bumbu yang sudah di marinasi, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya, masukkan ayam ke dalam kulkas kurang lebih selama 1 jam.

Keluarkan daging ayam yang sudah didiamkan sepanjang 1 jam sebelumnya. Lalu celupkan ke dalam bahan celupan telur yang sudah ditambah irisan bawang putih. Pastikan semua sisi daging ayam sudah tercelup dan merata.

Campur rata semua bahan tepung krispi. Lantas, masukan ayam yang telah direndam ke adonan krispi. Sembari kalian menggoreng ayam, bisa sambil menyiapkan sambal kemangi.

Ulek bawang merah, cabe rawit merah, dan sedikit garam sampai lembut atau sesuai selera. Selanjutnya, tambahkan daun kemangi.  Ulek kembali sampai rata. Anda bisa menambahakan sedikit terasi matang jika suka.

Masukkan ayam yang telah matang ke dalam ulekan. Geprek ayam secara perlahan agar tidak tumpah dan ratakan dengan sambal kemangi. Bahan-bahan sambal dapat dipakai untuk 2 porsi ayam geprek. 

Bahan sambal dapat kamu eksploitasi sesuai selera yang kamu ingin suguhkan. Seperti menambahkan tomat, dan terasi, atau juga bisa menambah sedikit daun jeruk.

Mudah bukan dalam membuat ayam geprek kemangi di rumah. Silahkan mencoba, siapa tau masakan kalian menjadi resep baru. Jangan lupa berbagi ya.