Resep Ayam Yang Enak Dan Mudah

Resep Ayam Cabe Ijo Padang, Nikmatnya Bikin Gak Rela Berbagi

Ayam merupakan bahan makanan yang enak dibuat menjadi berbagai masakan. Masakan Indonesia atau masakan Luar enak sekali ayam ini. Ayam juga disukai oleh semua kalangan. Anak-anak pastinya suka ayam, orang dewasa juga. Hanya beda bumbu yang digunakan saja. Anak-anak biasanya suka rasa manis atau gurih. Sedangkan orang dewasa suka pedas, apalagi orang Indonesia. Tidak ketinggalan setiap makan harus ada sambal atau masakan yang pedas. Nah, jika anda sedang mencari resep masakan murah dan hemat ayam yang enak dan mudah. Berikut daftarnya!

  1. Ayam Cabe Ijo

Resep masakan pertama ini adalah ayam cabe ijo yang enak dan mudah. Pastinya anda yang suka pedas, akan menyukai masakan yang satu ini. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah ayam 8 potong, cabe ijo keriting 12 buah, bawang putih 5 siung, bawang merah 5 siung. Siapkan kaldu jamur, garam dan gula. Jangan lupa siapkan bumbu ungkep ayam instan bewarna kuning.

Cuci bersih dahulu ayamnya dan kemudian anda masak ayam dengan direbus bersama bumbu kuning ungkep ayam. Sambil menunggu ayamnya, kupas bawang merah dan putih. Setelah itu bawang merah, bawang putih dan cabe ijo ditumis sebentar saja denga sedikit minyak. Angkat dan ulek bersama garam 1 sendok teh. Kemudian anda bisa mengangkat ayam yang sudah direbus. Jika sudah, goreng ayam hingga matang. Sekarang sisihkan ayam dan bumbu cabe ijo yang sudah diulek ditumis lagi bersama kaldu jamur dan gula pasir secukupnya. Jika sudah masukkan ayam gorengnya. Aduk rata ayam bersama cabe ijonya.

  1. Ayam Goreng

Ayam goreng memang sangat enak sekali dan mudah dibuat. Untuk menciptakan ayam goreng yang enak, sebaiknya anda menggunakan bumbu rempah yang alami. Bumbu instan ungkep memang tersedia, namun enak menggunakan bumbu rempah. Bahan yang perlu anda siapkan 9 potong ayam, kunyit 1 buah, bawang putih 6 siung, bawang merah 4 siung, ketumbar 11/2 sendok makan, kemiri 3 buah dan jahe 1 ruas jari.

Ayamnya dicuci bersih dahulu dan sisihkan sebenatar. Kupas kunyit, jahe, bawang putih, bawang merahnya. Setelah semuanya dikupas, masukkan blender bersama ketumbar dan kemiri. Tambahkan sedikit air dan blender hingga halus. Jika sudah tumis bumbu ungkepnya dan masukkan ayam diaduk. Tambahkan air, garam dan kaldu jamur. Ungkep hingga semua airnya meresap, namun jangan sampai gosong. Jika sudah anda angkat dan goreng di minyak panas.

  1. Ayam Goreng Sampah

Masakan ayam goreng yang satu ini adalah masakan rumahan yang kaya akan rempah. Namanya saja sampah, namun tidak ada sampah sama sekali. Yang dimaksud sampah adalah bumbu rempahnya berserakan disekitar ayam layaknya sampah. Bahan-bahannya ayam 9 potong, kunyit 1 buah, jahe 1 buah, laos 1 buah ukurang sedang, ketumbar 1 sendok makan, serai 4 batang, lada ½ sendok teh, bawang putih 6 siung, bawang merah 4 siung dan kemiri 4 buah.

Ayamnya dicuci bersih dan kemudian sisihkan. Sekarang siapkan blender dan kupas jahe, kunyit dan laosnya. Jika sudah diblender bersama bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, lada dan serai yang sudah dipotong. Jika sudah diblender, tumis dan masukkan ayamnya. Tambahkan garam dan kaldu jamur beserta airnya. Jika sudah angkat dan goreng bersama bumbu rempahnya. Jadi semua bumbu rempah ikut digoreng dan enak dimakan juga.