Toyota Raize

Review Toyota Raize

Toyota Raize adalah salah satu model SUV Toyota. Model SUV 5 pintu ini merupakan hasil kerjasama Toyota dan Daihatsu, produk yang dijual Daihatsu bernama Daihatsu Rocky.

Toyota Raize pertama kali terdaftar di negara asalnya Jepang pada tahun 2019. Meski Toyota Raize menggunakan platform yang sama dengan Daihatsu Rocky, namun penampilan kedua mobil tersebut berbeda. Bentuk gril depan Toyota Daze memang lebih mirip dengan Toyota CH-R, sedangkan desain gril Daihatsu Rocky mirip dengan Daze Go.

Di Jepang sendiri, Toyota Raize dijual dalam empat varian berbeda. Ada Toyota Raize X, Toyota Raize X’S’, Toyota Raize G dan Toyota Raize Z. Empat varian menyediakan opsi sistem penggerak 2 roda dan penggerak 4 roda.

Sementara di Indonesia sendiri, Toyota Raize dijual dalam enam varian berbeda.

Eksterior

Desain Toyota Raize

Secara tampilan, bahasa desain Toyota Raize menggemakan citranya sebagai SUV yang chic, sporty, dan maskulin. Pada bagian gril, desain mobil ini mirip dengan Toyota CH-R.

Dimensi Toyota Raize

Konfigurasi model 5 pintu Toyota Raize membuat mobil ini terlihat tangguh, namun juga sangat kompak. Peleknya sendiri menggunakan velg berukuran 17 inci, yang tidak hanya menambah kesan sporty, tetapi juga mempersiapkan mobil untuk melintasi berbagai medan.

Interior

Melihat interiornya, desain interior Toyota Raize ini sangat mirip dengan model kembarannya Daihatsu Rocky. Interior SUV ini mengadopsi bahasa desain modern dan elegan. Ruang kabinnya juga cukup luas, membuat penumpang merasa nyaman.

Interior Toyota Raize tipe X dan X’S’ didominasi warna hitam, dengan pola kotak di tengah jok. Sementara itu, dari segi desain secara keseluruhan, interior Toyota Raize G masih berwarna hitam. Bedanya, varian ini memiliki warna merah di bagian tepi jok dan konsol tengah.

Sebagai versi tertinggi, Toyota Raize Z memiliki beberapa perbedaan pada desain interior. Kemudi Toyota Raize Z dilapisi dengan bahan kulit, menambah kesan mewah. Tombol multi fungsi di lingkar kemudi lebih lengkap. Pada girboks, kita bisa melihat rangka kulit yang dijahit ganda.

Fitur Toyota Raize

Model Toyota Raize X dan X’S memiliki fitur standar panel instrumen layar LCD. Khusus untuk tipe X’S, Toyota Raize memiliki fungsi intelligent assist. Sementara itu, instrument cluster yang digunakan oleh model Toyota Raize G dan Z adalah instrument cluster full digital layar 7 inci yang dilengkapi dengan layar kristal TFT.

Toyota Raize telah dilengkapi dengan berbagai fungsi lanjutan. Beberapa di antaranya adalah cruise control adaptif, bantuan parkir panorama cerdas, fungsi peringatan tabrakan, fungsi pengereman anti-tabrakan, dan fungsi pencegahan start salah dengan kontrol rem.

Selain fungsi-fungsi tersebut di atas, Toyota Raize juga memiliki fungsi lain, yaitu fungsi pengenalan, fungsi pemberitahuan start kendaraan pemandu, fungsi peringatan keberangkatan jalur, pemantauan titik buta dan sensor sudut.

Performa Berkendara Toyota Raize

Mesin Toyota Raize kemudian dipadukan dengan transmisi otomatis DCT 7-percepatan. Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 140 PS pada 6.000 rpm dan torsi 242 Nm pada 1.500-3.200 rpm.

Kenyamanan Berkendara  Toyota Raize

Selain berbagai fungsi yang menunjang kenyamanan berkendara, Toyota Raize juga dilengkapi dengan mesin dengan performa yang memadai untuk memaksimalkan pengalaman berkendara konsumen. Toyota Raize memang dibekali mesin berkapasitas kecil. Mobil ini mengandalkan mesin 3 silinder berkode 1KR-VET, yang memiliki dua pilihan kapasitas mesin, 1,0 liter dan 1,2 liter.

Meski mesinnya berkapasitas kecil, namun tenaga yang dihasilkan cukup besar untuk sebuah mesin dengan kapasitas sebesar itu karena adanya turbocharger yang tertanam di dalam mesin. Mesin Toyota Raize dapat menghasilkan 96,6 tenaga kuda. Output torsinya sendiri bisa mencapai 140 Nm.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize

Dari segi konsumsi bahan bakar, tingkat konsumsi bahan bakar Toyota Raize cukup irit. Untuk varian 2WD-nya, Toyota Raize bisa menggunakan 1 liter bensin untuk menempuh jarak hingga 23,4 kilometer. Sementara untuk model penggerak empat roda, SUV ini mampu menempuh jarak 21,2 kilometer dengan satu liter bensin.

Kesimpulan

Toyota Raize memang merupakan SUV Toyota yang tidak bisa dianggap enteng.

Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki interior yang elegan, fleksibel dan nyaman. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan mesin yang dilengkapi dengan turbocharger.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membelikan asuransi mobil untuk mobil Toyota Raize kesayanganmu ini.