Sabun Cair VS Sabun Batangan untuk Bayi ? Cek Penjelasannya di Sini

Dalam menjaga kesehatan serta kesegaran tubuh bayi, tentu si kecil juga perlu dimandikan dengan baik. Maka pemilihan sabun bayi terbaik pun perlu dilakukan oleh orangtua dengan cermat, mengingat bahwa kulit bayi masih begitu sensitif. Lantas mana yang lebih baik antara sabun cair dan sabun batangan untuk memandikan bayi ? Berikut jawabannya.

Perbedaan Sabun Cair dan Sabun Batangan

Baik sabun cair maupun sabun batangan sebenarnya tidak mempunyai perbedaan besar, bila ditilik pada komponen utamanya. Karena keduanya juga bisa diformulasikan dengan bahan bahan yang sama. Jika menggunakan bahan bahan dasar yang baik, maka keduanya juga mampu memberikan manfaat yang sama pada bayi.

Yang membuat perbedaan signifikan antara sabun cair dan sabun batangan, terletak pada bentuknya saja. Dimana proses pembuatannya yang berbeda, membuat bentuk yang dihasilkan juga berbeda pula. Sehingga dalam hal ini, baik sabun cair dan sabun batangan mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Batangan untuk Bayi

Sabun bayi batangan tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Untuk kelebihannya, sabun batangan ini biasanya dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Kemudian bentuknya juga padat sehingga jauh lebih mudah untuk digenggam. Namun terdapat kekurangan dari penggunaan model sabun bentuk batang ini.

Kekurangan dari sabun batangan di antaranya yakni sabun ini bersentuhan langsung dengan tangan, sehingga jika tidak berhati hati bisa menjadi media perpindahan bakteri. Tempat penyimpanannya yang kurang higienis, juga dapat membuat sabun berbentuk batang tersebut menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Selain itu sabun batangan diproses melalui saponifikasi, sehingga umumnya mempunyai tingkat pH yang relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan sabun cair. Sehingga penggunaannya bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Namun tidak semua sabun batangan mempunyai pH yang tinggi, ada pula beberapa yang memiliki pH rendah.

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Cair untuk Bayi

Senada dengan sabun batangan, sabun bayi cair juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dimana kelebihan dari sabun berbentuk cair ini yaitu lebih higienis, karena tidak bersentuhan secara langsung dengan tangan. Model ini juga lebih praktis digunakan, terlebih jika anda ingin membawanya selama bepergian.

Sabun cair juga penggunaannya jauh lebih mudah, karena cepat menyebar di seluruh tubuh bahkan ke bagian sela selanya. Meski begitu, biasanya sabun ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan sabun batangan. Selain itu kemasan botol dari sabun cair juga terkadang membuat penggunaannya menjadi berlebihan, karena keluar terlalu banyak.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari sabun cair dan sabun batangan untuk bayi. Keputusan mana yang lebih baik bisa anda pertimbangkan masing masing, yang penting cari sabun dengan bahan bahan tidak berbahaya seperti Mitu Baby. Produk sabun dari Mitu Baby menggunakan bahan bahan aman, dan sudah teruji hypoallergenic serta memiliki sertifikasi halal.