Sejarah singkat Apple iTunes

Sejarah singkat Apple iTunes

Sejarah singkat Apple iTunes – Di zaman sekarang ini, pasti banyak yang sudah mengetahui brand ternama ini, Itunes Meluncurkan sejumlah layanan baru dalam acara bertabur bintang di bulan Maret, menandakan perubahan arah bagi perusahaan perangkat keras selama bertahun-tahun.

go lagu – ITunes tidak akan hilang sepenuhnya – unduhan akan tetap tersedia di bilah sisi Apple Music, aplikasi akan diperbaiki dan akan berubah di platform Windows.

Pada zaman dulu, ada rumor tentang “akan berhenti operasinya iTunes” yang rumor tersebut telah di besar-besarkan, namun sampai saat ini rumor tersebut tidak benar.

Namun, ada sedikit keraguan setelah layanan musik ikonik mencapai masa jayanya.

“Dunia telah memindahkan konektivitas ke mana-mana, penyimpanan cloud, dan media streaming menjadi hal yang biasa,” kata Jon Porter, situs berita teknologi The Verge.

Toko musik diluncurkan pada tahun 2003 tetapi iTunes mulai hidup pada tahun 2001, ketika pemutar MP3 iPod generasi pertama – yang menyimpan 1.000 lagu – mengubah dunia musik digital.

Itu bukan yang pertama di pasar, tetapi pakar industri menganggap yang paling ramah pengguna dan penjualan melonjak.

musik digital telah mencapai titik itu dalam budaya di mana situs-situs bajak laut menjulang besar dan unduhan ilegal marak.

Platform berbagi file Napster, yang diluncurkan 20 tahun lalu, telah membuka jaringan besar, jika ilegal, di mana orang dapat dengan bebas berbagi musik.

Tidak perlu lagi merekam secara diam-diam dari radio ke kaset – sekarang, jutaan pecinta musik yang paham teknologi memiliki akses ke perpustakaan lagu yang sangat besar, langsung dari hard drive masing-masing.

Tapi Napster dengan cepat digugat oleh entitas musik dan artis, termasuk Metallica dan Dr. Dre, yang menderita kerugian pendapatan yang cukup besar.

Pada April 2004, ketika iTunes Store tiba di Inggris, Apple mampu melaporkan sekitar 85 juta lagu telah diperoleh secara legal.

Raksasa teknologi begitu yakin akan keberhasilan layanan baru yang pada tahun 2005 meluncurkan telepon iTunes – meskipun tidak sesukses iPhone, yang diikuti pada tahun 2007.

Apa yang salah?

Seiring dengan peningkatan kemampuan ponsel dan broadband, video, podcast, dan e-book menjadi lebih mudah diakses dan iTunes berkembang menjadi lebih dari sekadar toko musik.

Namun, itu dikritik karena menjadi terlalu membengkak.

Membongkar kios serba ada menjadi tiga pasar yang berbeda dapat memberi Apple lebih dari keunggulan kompetitif, kata Mark Mulligan, seorang analis industri musik di Midia Research.

“Perannya sebagai aplikasi musik telah dikurangi … apa yang Apple lakukan adalah mengatakan bahwa untuk sukses di dunia ini memiliki spesialisasi dalam segala hal – tidak bisa menjadi seorang generalis,” katanya.

“Ini masih nomor dua untuk Spotify – jika itu akan menjadi pemain terkemuka, yang Anda inginkan, itu harus mengurai semua hal ini dan menjadikan masing-masing pemimpin dalam ruangnya.”

Peningkatan streaming

2017 adalah tahun yang luar biasa untuk pendapatan streaming musik, dengan aliran global menghasilkan $ 7,1 miliar (£ 5 miliar) untuk industri musik – lebih dari penjualan CD dan vinil.

Pada tahun 2018, 90 miliar lagu yang mengalir di Inggris saja, menurut angka yang dirilis oleh badan musik BPI – meningkat 33,5% dari tahun 2017.

Langkah publik untuk menjalankan lonceng dengan pergeseran budaya yang lebih luas dari kepemilikan dan menuju langganan, sewa, dan akses sesuai permintaan.

Federasi Internasional Industri Fonografi (IFPI) industri musik senilai $ 17,3 miliar (£ 12,4 miliar) pada tahun 2017, menandai tahun ketiga pertumbuhan setelah bertahun-tahun mengalami penurunan yang stabil akibat perjuangan dengan pembajakan dan penurunan penjualan fisik.

Pada tahun 2020 ini, banyak sekali yang sudah menggunakan layanan Itunes ini, ada juga orang-orang yang men download lagu dari situs lain yang tentunya secara legal, ada juga situs yang sumbernya file nya berasal dari youtube seperti go lagu dan masih banyak lagi situs-situs lainnya. Mungkin itu saja yang bisa di sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dalam penulisan maupun ucapan, cukup sekian dan terimakasih.