sewa bus di Jogja

Sewa Bus di Jogja: Jenis Bus Pariwisata di Jasa Sewa Bus

Ada rencana liburan ke Kota Jogja bersama rombongan teman-teman sekolah dulu? Atau ingin sekali-kali ajak keluarga besar liburan dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata yang sedang hits di Jogja? Tak usah pikirkan soal urusan transportasi karena kini ada banyak agen penyedia jasa sewa di bus Jogja yang siap mengakomodasi kebutuhan Anda. 

Jenis Bus di Jasa Sewa Bus Jogja

Ada banyak pilihan jenis bus yang biasa disewakan kepada para calon klien seperti Anda. Secara umum, ada 4 pilihan bus yang tersedia di sebagian besar agen penyedia jasa rental bus Jogja dan kota-kota lainnya. Berikut informasinya:

Sewa Bus Jogja Tipe Big Bus 

Sesuai dengan namanya, big bus memiliki bodi yang besar dengan kapasitas yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan jenis medium bus dan small bus. Jenis bus ini biasanya menjadi salah satu armada andalan sebagian besar agen jasa sewa bus Jogja dan kota-kota lainnya karena memiliki keunggulan terutama pada aspek kapasitas. 

Big bus sendiri memiliki beberapa varian, yaitu bus dengan normal deck alias non-SHD, bus dengan high deck alias bus HD, dan bus dengan super high deck alias bus SHD. 

Bus Normal atau Bus Non-HD

Armada bus yang satu ini mempunyai ciri fisik tinggi 3.000 hingga 3.300 mm, kapasitas 50 orang, formasi seat 2-2. Namun ada juga yang memiliki kapasitas dengan formasi seat 2-3. Sayangnya bus dengan ciri ini kini sudah langka dan sulit dijumpai di Indonesia. 

Sewa Bus Jogja Tipe Bus HD

Ada juga jenis bus HD dengan ciri khas bodi bus yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan bus normal. Tinggi bus ini sendiri mencapai 3.500 mm. Kemudian kapasitas yang mampu ditampung oleh bus HD ini sekitar 50 dan 60 orang dengan formasi seat yang sama, yaitu 2-2 dan 2-3. Adapun ciri khas lainnya dari bus yang sering tersedia di agen jasa sewa bus Jogja atau kota-kota lainnya adalah posisi seat driver yang lebih rendah dibandingkan dengan seat para penumpang. 

Bus SHD

Agen jasa sewa bus Jogja juga menyediakan jenis bus SHD. Tinggi dari bus model ini antara 3.700 hingga 3.900 mm. Panjang bodi bus ini sekitar 12000 mm. Jenis bus SHD ini mempunyai ciri yang sangat menonjol, yaitu bagian kaca depan alias kaca di muka bus yang dibuat dua lapis. Selain itu, bus SHD juga memiliki ruang bagasi yang sangat luas; bahkan mampu menampung sepeda motor. 

Medium Bus

Mungkin Anda pernah mendengar istilah bus ¾, Nah, bus ini adalah medium bus dengan ukuran panjang sekitar 7500 mm, lebar 2200 mm, dan tinggi 3000 mm. Jenis bus yang satu ini cocok sekali menjadi armada transportasi untuk rombongan dengan jumlah sedang. Kapasitas maksimal untuk medium bus ini sekitar 31 orang. Kemudian formasi seat pada sebagian besar medium bus adalah 2-2. 

Mini Bus alias Small Bus

Dari namanya saja kita bisa menebak ukuran jenis bus yang juga bisa kita jumpai di pusat jasa sewa bus Jogja atau kota-kota lainnya sedikit lebih kecil bila dibandingkan dengan medium bus. Panjangnya saja hanya sekitar 5500 mm, lebar 1700 mm, dan tinggi 2600 mm. 

Kemudian untuk ruang kemudi, seat driver memiliki ketinggian yang sejajar dengan seat para penumpang. Desain ini jelas berbeda dengan model bus SHD yang mana para penumpang dapat memandang area depan bus dengan leluasa tanpa terhalang oleh badan dan seat driver. 

Dilihat dari kapasitas, small bus ini memang sangat cocok untuk keluarga besar. Misal untuk liburan ke Jogja dan kota-kota sekitarnya, ziarah ke makam wali, city tour, acara pernikahan, acara lamaran, dan acara-acara lainnya yang melibatkan keluarga besar saja. 

Tarif Sewa Bus Jogja

Adapun tarif yang berlaku di sebagian besar jasa sewa bus Jogja tentu bervariasi dari agen yang satu dengan agen lainnya. Tarif juga akan dibedakan sesuai dengan tipe bus yang akan disewa. Small bus tentu akan dibandrol dengan tarif sewa yang lebih murah dibandingkan dengan medium bus. 

Demikian juga dengan medium bus yang tarifnya masih du bawah tarif big bus, terutama bus HD dan bus SHD. Tarif di sini juga umumnya akan disesuaikan dengan durasi sewa. Agen jasa rental bus Jogja umumnya menawarkan beberapa opsi durasi sewa. Mulai dari per hari, 3 hari, atau ada juga hanya ada yang hitungan jam saja. 

Nah, bagi Anda yang saat ini memerlukan informasi seputar jasa sewa bus Jogja, ada banyak sekali pilihannya, mulai dari jasa sewa bus dengan tarif murah hingga jasa sewa bus dengan tarif tinggi.