Teknik Dasar Bola Voli Pemula

4 Teknik Dasar Bola Voli yang Harus Dikuasai Pemula, Gampang! | Indozone.id
source gambar : indozone.id

Teknik dasar bola voli pemula tentunya harus dikuasai dengan baik oleh pemain terutama pemain pemula. Apabila seseorang ingin mahir dalam bermain voli, setidaknya seseorang wajib mengetahui teknik dasar dalam melakukan permainan tersebut.

  1. Servis

Servis merupakan serangan pertama yang dilakukan oleh tim di mana tim tersebut mendapatkan giliran main. Teknik ini yaitu teknik yang wajib pertamakali dikuasai oleh pemula dalam permainan bola voli.

Hal ini karena servis adalah teknik pembuka atau awalan yang menandakan permainan bola voli dimulai. Servis ini terdapat berbagaim macam yaitu servis bawah, servis atas, servis mengapung dan juga servis melompat.

Dalam teknik servis, pemain sangat membutuhkan kekuatan dan akurasi yang baik. jika servis yang dilakukan oleh pemain sempurna dan tidak dapat dihalau oleh tim lawan, biasanya akan dapat mencetak skor atau poin.

  1. Passing Bawah

Passing bawah biasanya digunakan untuk mempertahankan benteng tim atau menahan smash dari tim lawan. Selain itu, passing ini juga berfungsi untuk menerima bola, menahan hingga mengendalikan servis yang dilakukan oleh tim lawan.

Cara untuk melakuka passing bawah yaitu dengan memposisikan tangan pemain berada di bawah dengan tangan mengepal baik itu satu tangan maupun dua tangan. Permainan bola voli tanpa adanya kerjasama tim akan mempengaruhi kemenangan tim.

Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang kuat dalam tim. Apabila tidak ada kerjasama, maka kemungkinan besar akan adanya kesalahpahaman yang berujung kerugian bagi tim seperti kalah pertandingan.

  1. Passing Atas

Tidak hanya passing bawah, dalam teknik passing yang perlu dikuasai yaitu passing atas. Teknik ini berguna untuk pemain dalam mengumpan bola kepada pemain lainnya supaya bisa memulai serangan.

Selain itu, teknik passing atas juga dilakukan untuk mengambil bola yang melambung di atas kepala. Cara melakukan passing atas yaitu dengan posisi tangan setinggi awajah dengan jari-jari tangan terbuka lebar serta membentuk mangkuk.

  1. Smash

Smash adalah salah satu teknik dasar yang penting dikuasai oleh pemain. Hal ini dikarenakan teknik smash berfungsi untuk menyerang ke area pertahanan lawan.

Secara umum, teknik smash lebih mengandalkan pada otot lengan dan telapak tangan yang kuat. tidak semua smash dilakukan dengan memukul bola secara cepat dan kencang, namun ada beberapa pemain menggunakannya dengan sentuhan yang lembut.

Hal itu bertujan supaya membuat pertahanan tim lawan menjadi lengah, sehingga sulit untuk mengembalikan smash tersebut.

  1. Blocking

Teknik dasar yang harus dikuasi oleh pemula selanjutnya adalah blocking. Teknik init bertujuan untuk menghalangi dan menahan bola dari serangan lawan terutama saat smash.

Pemain yang bertugas untuk melakukan blocking biasanya pemain yang berpostur tubuh tinggi. Setelah itu, teknik blocking bisa dilakukan baik satu sampai tiga orang pemain.

Dengan melakukan teknik blocking, bola akan memantul kembali ke area permaian tim lawan. Nah, pemain yang bertugas blocking seringkali berdiri di depan net.

  1. Set Up

Set up adalah teknik mengumpan atau memberikan bola kepada timnya. Teknik ini biasanya dilakukan dengan beberapa cara yaitu ke depan, ke belakang, ke samping kanan dan juga ke samping kiri.

Sedangkan, jika berdasarkan pada tinggi bola dari net dapat dilakukan secara normal, medium maupun low. Selain itu, terdapat teknik lainnya juga dalam posisi set up yang berdasarkan arah bola dengan net di mana dapat dilakukan dengan cara sejajar, vertikal dan diagonal.