Tinta Printer Tidak Keluar? Ketahui 3 Solusi Mengatasinya

Printer menjadi bagian penting dari pekerjaan Anda. Apalagi jika Anda adalah karyawan kantoran yang sering memakai printer untuk mencetak dokumen. Sejumlah masalah memang sering terjadi bukan, salah satunya adalah tinta printer tidak keluar. Masalah sepele ini ternyata memiliki sejumlah permasalahan dan kali ini akan di bahas solusi mengatasinya.

Selama ini setiap permasalahan printer bisa di ketahui dari blink yang terjadi pada lampu indicator. Namun bagi Anda yang mengalami masalah macetnya tinta printer pada jenis print lama, sudah pasti tidak akan terdapat indikasi dari lampu indicator. Mengingat biasanya kondisi print memang berjalan normal hanya saja tinta tidak keluar di hasil cetakan.

Nah, untuk mengatasi masalah ini ada sejumlah langkah yang bisa di lakukan oleh Anda sendiri. Karena biasanya hanyalah pada beberapa bagian saja tanpa harus membongkar bagian dalam printer. Berikut ini solusi yang bisa Anda jalankan.

3 Solusi Tinta Printer Tidak Keluar

Sebagai salah satu barang eletronik, printer memang sering di pakai untuk membantu pekerjaan. Jika tinta printer tidak keluar saat Anda sedang menggunakannya untuk mencetak, sudah pasti ada sejumlah permasalahan. Untuk memantikan masalah ini, berikut beberapa solusi yang bisa Anda jalankan.

Mengecek Tinta Printer

Jika Anda lupa mengecek catridge tentu bisa saja sewaktu mencetak dokumen memakai print, hasil cetakan tidak akan sesuai harapan. Bisa saja tidak munculnya warna pada print akibat karena tinta di dalam catridge kosong atau habis. Untuk melihat tanda jika catridge sudah waktunya mengisi ulang tinta adalah pada hasil cetakannya yang memudar dan bergaris.

Pada jenis tinta inject, Anda bisa langsung mengangkat pada bagian catridge kemudian membka bagian pengisian dan memasukkan tinta tambahan supaya meresap ke gabus tinta. Jika Anda memakai jenis catridge tank, maka silahkan mengisi ulang tank penampungnya sesuai kapasitasnya.

Clening dan Deep Cleaning

Solusi mengatasi tinta printer tidak keluar berikutnya adalah memakai fitur maintenance yang biasanya serta dalam driver bawaan. Fitur ini di namakan cleaning dan deep cleaning yang bisa di gunakan untuk membersihkan catrige dari sejumlah masalah. Biasanya masalah yang sering terjadi adalah sumbatan atau masalah di saluran kepala catridge.

  • Untuk menjalankan fitur ini maka proses yang bisa Anda jalankan melalui komputer atau laptop antara lain:
  • Klik Start kemudian cari Device and Printer
  • Untuk memulainya silahkan klik kanan pada tool yang tampil dilayar komputer atau laptop.
  • Di sana akan muncul menu Printing Preferences
  • Klik pada bagian Tab Maintenance disana akan munucl opsi maintenance printer. Lalu silahkan klik Cleaning atau Deep Cleaning.

Silahkan menunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Untuk hasil maksimal lakukan 2 hingga 3 kali proses.

Hilangkan Rongga Udara di Selang

Kemudian, solusi memperbaiki tinta printer tidak keluar yang juga bisa Anda coba adalah menghilangkan rongga udara di selang infuse. Sejumlah selang infus memang terkadang bukan hanya terisi tinta saja, namun juga tercampur udara. Jika rongga udara panjang, maka depp cleaning tidak akan berjalan maksimal.

Untuk mengatasinya maka Anda hanya memakai jarum suntik. Cara melakukannya adalah memasukkan jarum suntik ke selang tinta. Kemudian jepit bagian ujung sebelum menarik udara memakai jarum suntik. Jika tinta sudah bergerak maka silahkan lepas penjepitnya.

Biarkan tinta keluar atau buang saja beberapa tetes untuk membuang sekaligus udara yang keluar. Jika sudah hilang rongga udaranya, silahkan pasang kembali selang infuse tinta.

Nah itulah beberapa solusi jitu mengatasi tinta printer tidak keluar yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Jika memang keadaan catridge sudah tidak layak atau rusak, maka Anda harus segera menggantinya yang baru untuk mendapatkan hasil cetakan print terbaik nantinya.