Yuk Intip Urutan Prosesi Pernikahan Adat Minang Yang Sakral

Yuk Intip Urutan Prosesi Pernikahan Adat Minang Yang Sakral

Yuk Intip Urutan Prosesi Pernikahan Adat Minang Yang Sakral

Menggelar acara pernikahan dengan tema adat memang masih menjadi favorit calon pengantin. Salah satu adat yang prosesnya panjang adalah adat minang. Hal tersebut membuat calon pengantin tidak hanya mencari info tentang tips memilih cincin pernikahan, namun juga urutan prosesi adat minang. Yuk cari tahu urutannya di sini, bersama sama!

Urutan Prosesi Pernikahan Adat Minang

  1. Meresek

Prosesi pertama yang dilakukan saat kedua calon mempelai sebelum akad adalah meresek. Di kesempatan tersebut keluarga perempuan akan mendatangi keluarga laki lak untuk melihat secara langsung apakah si laki laki cocok menjadi bagian dari keluarganya kelak. Keluarga perempuan datang sambil membawa buah tangan sebgai simbol sopan santun. 

  1. Manimang Dan Batimbang Tando

Setelah maresek, masyarakat minang melakukan tahapan yang disebut dengan manimang dan batimbang tando. Sebenarnya langkah yang satu ini setara dengan pertahanan yang fungsinya untuk mengikat hubungan di perempuan dan laki laki. Namun di kesempatan tersebut, pihak perempuan lah yang datang untuk meminang calon laki lakinya. 

setelah itu, kedua keluarga berembuk untuk melakukan penjemputan calon pengantin laki laki. Pada tahapan ini, rombongan wanita datang dengan membawa tas yang dibuat dari daun pandan, dan telah diisi dengan sirih pinang dalam keadaan disusun rapih. Tas tersebut dikenal dengan sebutan carano. Mencari info tentang item tersebut sama pentingnya seperti tips memilih cincin pernikahan.

  1. Malam Bainai

Malam bainai dikenal sebagai tahapan yang paling umum dalam adat minang. Di malam ini, calion mempelai wanita meletakkan tumbukan ainai di kukunya. Suara seruling yang erdu akan mengjiasi setiap sudut rumah yang membuat acara tersebut sekian sayhdu. Sebenarnya sebelum malam bainai, terdapat trasidi mahanta siriah dan babako babaki. Namun ekdua trasidi ini banyak di skip. 

  1. Manjapuik Marapulai

Manjapuik Marapulai merupakan prosesi saat calon pengantin laki laki berangkat untuk pergi ke rumah calon mempelai wanita demi melakukan akad nikah. Di acara tersebut, dilakukan puka pemberian gelar pusaka pada calon pengantin laki laki, sebagai wujud dari pendewasaannya. Selanjutnya si rombongan mempelai wanita akan menjamu keluarga pri. 

  1. Penyambutan Dan Akad

Tahapan paling penting dari semua yang telah dijelaskan tadi adalah akad nikah. Kendati demikian, rentetan acara yang telah disebutkan sebelumnya membuat prosesi pernikahan adat minang semakin menarik. Agar tidak keliru, anda perlu mencari tahu lebih detail setiap prosesnya, seperti ketika anda mencari info tentang tips memilih cincin pernikahan.

Semakin detail acara yang digelar,maka semakin sakral pula prosesi pernikahan yang dijalani. Namun memang tidak ada salahnya jika anda melewatkan beberapa tahapan jika dirasa terlalu panjang. Langkah tersebut tidak terlalu banyak mengubah makna pernikahan, mengingat tahapan pokok yaitu akad nikah akan tetap terlaksana. Jangan lupa juga untuk menyematkan cincin cantik di jari mempelai wanita.